ABBAS TIBA, AMERIKA KECAM PERANCIS KARENA DUKUNG PALESTINA

 

     New York, 15 Muharram 1434/29 November 2012 (IMEMC/MINA) – Presiden Palestina Mahmoud Abbas tiba di New York didampingi oleh beberapa pejabat senior Palestina, dalam rangka secara resmi mengajukan permohonan Palestina untuk mendapatkan status negara bukan anggota di Majelis Umum PBB.

     Sumber-sumber Palestina melaporkan bahwa Abbas menerima telepon dari wakil Perdana Menteri Inggris Nick Clegg yang memberitahukan ia mendukung pengajuan status Negara Palestina non-anggota di PBB. Clegg menelepon Abbas saat ia mendarat di Irlandia dalam perjalanannya ke New York.

      Suatu hal pentng untuk disebutkan bahwa Clegg meminta Partai Konservatif serta ketuanya David Cameron, dan semua mitra koalisinya untuk tanpa syarat mendukung upaya Palestina itu.

    Sementara Amerika Serikat menegaskan kembali penolakannya terhadap upaya Palestina untuk mendapat pengakuan status Negara di PBB, dan mengecam keputusan Perancis yang mendukung langkah Palestina itu.

      Peninjau Palestina di PBB, Riyadh Mansur, menyatakan Otoritas Palestina bersedia melanjutkan pembicaraan perdamaian dengan Israel setelah pemungutan suara PBB apabila Tel Aviv sepenuhnya menghentikan kegiatan pembangunan pemukiman di wilayah Palestina yang diduduki.

      Pertemuan PBB akan berlangsung selama dua hari, dan akan membahas solusi dua-negara serta perkembangan terakhir di Palestina.

     Analis politik internasional serta beberapa orang Israel mengatakan tampaknya Pemimpin Palestina kali ini berhasil meraih kemenangan, karena sebagian besar anggota Majelis Umum kemungkinan akan mendukung upaya Palestina jauh dari tindakan Veto AS, di mana  Washington sering menggunakannya di Dewan Keamanan PBB untuk menjatuhkan  keputusan yang dianggap “berbahaya” bagi Israel.

     Sementara itu di Gaza, faksi-faksi nasional dan Islam Palestina mengadakan pertemuan di Gaza City, memutuskan untuk melakukan pawai bersama mendukung pengajuan status negara Palestina di PBB itu.

     Waleed Al-Awad, anggota Biro Politik Partai Sayap Kiri Rakyat Palestina, mengatakan kepada Maan News Agency, pawai akan dimulai dari alun-alun tantara menuju gedung PBB di Gaza untuk menyerahkan sebuah memorandum PBB yang menyatakan dukungan dari semua faksi Palestina untuk pengajuan Palestina sebagai negara non anggota di PBB.(T/R-010/R-006)

Leave a Reply