BANK DUNIA BANTU REHABILITASI AIR DI GAZA

 

     Bethlehem, 14 Muharram 1434/28 November 2012 (MAAN/MINA) – Bank Dunia menyetujui dana hibah $ 6,4 juta untuk meningkatkan dan memperluas cakupan pelayanan pasokan air besih dan sistem penanganan limbah di Jalur Gaza, kata lembaga keuangan tersebut.

     Dalam pernyataan resminya, Bank Dunia mengatakan bahwa dewan direksi telah menyetujui rencana untuk meningkatkan suplai air minum Gaza, membiayai rehabilitasi air,  sistem penanganan air limbah, serta meningkatkan kapasitas untuk menyediakan dan memelihara layanan air bersih dan system pembuangan limbah.

     “Kami sangat peduli dengan kurangnya air bersih dan penurunan kualitas sumber air di Jalur Gaza, salah satu daerah yang paling padat penduduknya di bumi,” kata Direktur Bank Dunia Mariam Sherman.

    “Proyek baru sangat penting untuk warga Gaza. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan kesinambungan suplai air dan system jaringan limbah, tetapi juga akan berguna untuk melayani kebutuhan pelanggan mereka.”

     Iyad Rammal, spesialis infrastruktur untuk Bank Dunia  mengatakan bahwa Bank Dunia telah lama memberikan perhatian khusus pada  air dan sanitasi dalam program untuk wilayah-wilayah pendudukan dan berharap untuk mengatasi kerusakan kritis terhadap sistem air.

     “Sebagai bagian strategi untuk Tepi Barat dan Gaza untuk mendukung institusi lokal, proyek ini akan memberikan bantuan teknis dan operasional sehingga persediaan air bersih dan system pembuangan limbah mungkin bisa lebih efisien dikelola,” katanya.

       Proyek ini akan mendanai pembangunan tangki tanki air untuk mengumpulkan dan mengolah air dari berbagai sumber untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi pasokan air Gaza.

       Sebuah kerjasama strategis dengan Bank Pembangunan Islam juga akan memungkinkan kontribusi $ 11.14 juta dollar dalam bantuan pembiayaan proyek tersebut, kata Rammal. (R-009/R-006)

Leave a Reply