DPR RI: PEMERINTAH HARUS DESAK PBB HAPUS HAK VETO AS

     Jakarta, 4 Muharram 1434 H/ 18 november 2012 M (MINA) – Anggota DPR RI komisi I, Muzammil Yusuf, meminta pemerintah RI membantu rakyat palestina dengan berjuang menghapus hak veto AS di PBB terkait serangan Israel ke gaza yang sudah menewaskan 49 warga sipil palestina dan melukai lebih dari 350 orang termasuk wanita dan anak-anak.

     Muzammil kepada MINA melalui pesan singkat di Jakarta, sabtu sore (17/11) mengatakan, “Sesuai amanah konstitusi, pemerintah Indonesia harus berjuang menghapus total hak veto yang dimiliki AS, Karena hal ini menjadi biang keladi arogansi Negara-negara besar seperti AS untuk melindungi aksi terorisme seperti Israel. “

    Muzammil juga menambahkan, pemerintah Obama tidak jauh berbeda dengan Bush dalam hal ini. “semua senjata berat yang dipakai Israel untuk menyerang rakyat Palestina adalah buatan AS, dan Israel tidak bergeming jika AS diam, ” katanya.

     Pada 2011 lalu, Mahmud Abbas mengajukan Palestina sebagai negara anggota tetap PBB, meskipun Obama menyatakan akan memveto usaha palestina tersebut.
Muzammil juga menekankan Indoneisa harus berperan aktif dalam menggalang dukungan di PBB untuk mengapuskan Hak Veto AS secara total.

     Washington tercatat telah memveto lebih dari 40 resolusi Dewan Keamanan PBB yang mengeritik kebijakannya. Mayoritas anggota PBB di Sidang Majelis Umum mensahkan masuknya Palestina ke badan dunia tersebut sebagai anggota, tapi Washington memvetonya di Dewan Keamanan PBB, menjamin keamanan Israel.

      Selain itu, dalam kondisi lain, meskipun banyak orang menyadari AS selalu mendukung Israel, tebusan dari vetonya bisa lebih jauh lagi; rasa anti-Amerika bisa menyebar luas, bukan hanya di kalangan masyarakat Arab dan Muslim, tapi juga di kalangan elit yang kecewa yang ingin menjauhkan diri dari kekuatan praduga.(B-002/R-010)

Leave a Reply