Hamdan Basyar: Kemenangan Palestina atas Peningkatan Status di PBB

 
   Jakarta, 17 Muharam 1434/30 November 2012 (MINA) – Majelis Umum PBB memutuskan meningkatkan status Palestina di PBB menjadi negara peninjau, pada pemungutan suara Kamis di New York. Ini merupakan prestasi besar Palestina untuk menaikan statusnya di PBB.

   Dari dukungan 138 negara status Palestina menjadi meningkat di PBB, yang asalnya “badan peninjau ” menjadi “Negara peninjau”, sementara 41 negara memilih abstain, 5 tidak hadir dan 9 negara menolak diantaranya Amerika Serikat, Kanada, Palau,Panama, Kepulauan Marshall, Nauru, Republik Ceko, Mikronesia dan Israel.

     Keputusan ini menjadi kemenangan bagi hubungan diplomatik Palestina.

    “Palestina memenangkan Upgrade status dari “observer” menjadi “non-anggota” bukan anggota dan belum bisa menjadi anggota, karena tahun lalu ketika mengajukan permohonan menjadi anggota PBB ditolak oleh Dewan Keamanan, untuk menjadi anggota harus melalui Dewan Keamanan,” kata Direktur Eksekutif ISMES Drs. Hamdan Basyar kepada Mi’raj News Agency (MINA).

     “Ini menguntungkan pihak Palestina, posisinya meningkat sehingga memudahkan berhubungan atau berhadapan untuk melakukan negoisasi dengan posisi yang lebih penting meskipun belum sederajat karena posisinya belum menjadi anggota PBB” tambahnya.

    “Seandainya jika nanti dilanjutkan Palestina menjadi anggota ICC maka sangat mungkin Palestina akan mengangkat kejahatan Israel ke pengadilan, dan akan kesulitan jika belum menjadi anggota.“ kata Hamdan.

      Keuntungan Palestina memenangkan upgrade status “Peninjau” maka akan mudah untuk mengeluhkan segala tindak kejahatan Israel kepada badan-badan PBB dan Pengadilan Kriminal Internasional. (L/R-016/R-017/R-006).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply