Israel tangkap nelayan di lepas pantai Gaza

2012-11-29, 05:36:46

   GAZA, 15 Muharram 1434/29 November 2012. (Ma’an/MINA) – Pasukan Angkatan Laut (AL) Israel menahan sembilan nelayan di lepas pantai sebelah utara Gaza, Rabu (28/11) kemarin.
   Kepala Asosiasi Nelayan Gaza, Mahfouth Al-Kabriti mengatakan, pasukan AL Israel melepaskan tembakan pada dua kapal nelayan Palestina yang sedang berada pada jarak enam mil dari lepas pantai Gaza.
   Al-Karbiti menjelaskan, pasukan AL Israel kemudian menyita kedua kapal dan menahan sembilan nelayan. Kedua kapal nelayan itu merupakan kapal milik Murad al-Hassi dan keluarga Baker.
   

Seorang juru bicara militer Israel mengklaim, dua kapal nelayan tersebut menyimpang dari area yang dibolehkan untuk mencari ikan.
Para nelayan ditangkap pasukan AL Israel setelah mereka tidak menjawab panggilan untuk berhenti. Nelayan selanjutnya dibawa ke kota Ashdod, Israel untuk di interogasi.
   Padahal, bagian dari kesepakatan gencatan senjata untuk Israel-Palestina yang baru saja disepakati beberapa hari lalu, Israel menyetujui untuk mengizinkan nelayan berlayar sejauh enam mil di lepas pantai Jalur Gaza.
   Israel menguasai perairan Gaza sejak penjajahannya atas wilayah Palestina tahun 1967, dan telah menempatkan beberapa kapal perang di lepas pantai Gaza sejak tahun 2008. (T/R22/R05)

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply