KETUA IAEA : NUKLIR IRAN PROGRAM ENERGI DAMAI

Iran, 27 Dzulhijjah/12 November (MINA/Press TV)  – Direktur Jenderal Badan Energi Atom Internasional (IAEA) Yukiya Amano mengatakan fasilitas energi nuklir Iran digunakan untuk tujuan damai.

Dalam sebuah wawancara dengan harian Rusia Gazeta Rossiyskaya, Minggu, Amano menegaskan bahwa sejumlah besar fasilitas energi nuklir di Iran berada di bawah pengawasan IAEA dan digunakan untuk tujuan damai.

Kepala nuklir PBB mencatat bahwa misi tingkat tinggi IAEA telah mengunjungi fasilitas energi nuklir Iran sejauh ini dan laporan badan tidak mengatakan bahwa Iran memiliki senjata nuklir.

IAEA akan mengadakan sutu putaran baru pembicaraan dengan Iran tentang program energi nuklir negara itu pada tanggal 13 Desember 2012.

Putaran terakhir perundingan antara Iran dan IAEA diadakan di ibukota Austria Wina pada 24 Agustus 2012.

Iran dan IAEA juga telah mengadakan pembicaraan di Wina pada tanggal 14 Mei dan 15. Sebelum sesi itu, perwakilan kedua belah pihak telah mengadakan dua putaran perundingan di ibukota Iran, Teheran, pada bulan Februari dan Januari.

Amerika Serikat, Israel dan beberapa sekutu mereka telah berulang kali menuduh Iran mengejar sasaran non-sipil dalam program energi nuklirnya.

Iran menegaskan sebagaimana suatu negara penandatang Perjanjian Non-Proliferasi dan anggota IAEA, ia berhak untuk mengembangkan dan memperoleh teknologi nuklir untuk tujuan damai.

IAEA telah melakukan inspeksi berbagai fasilitas nuklir Iran, namun tidak pernah menemukan bukti yang menunjukkan pengalihan program energi nuklir Teheran terhadap tujuan militer. (TE / SS / AZ/J-006/HSH)

Leave a Reply