MUHAMMADIYAH SIAPKAN PUSAT ANAK-ANAK PALESTINA

2012-11-30, 20:23:02

   Jakarta, 18 Muharram 1434/30 November (MINA) – Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) sedang menyiapkan program perawatan kejiwaan anak-anak Palestina korban konflik di Gaza.
   Ketua MMDC Budi Setiawan, sebagaimana dikutip situs organisasi Islam kedua terbesar di Indonesia itu, Jumat, mengatakan konflik berkepanjangan Gaza akibat agresi militer Israel menimbulkan banyak berjatuhan korban termasuk anak-anak yang kehilangan keluarganya.   

Mengingat masa depan generasi anak-anak Palestina tersebut, kata Budi Setiawan, Muhammadiyah saat ini menyiapkan program Children Center (Pusat Anak-Anak) khusus untuk anak-anak Palestina korban konflik.
   Budi Setiawan mengatakan, perang akan meninggalkan trauma berkepanjangan bagi anak-anak di jalur Gaza, sehingga trauma healing (pemulihan trauma) akan menjadi fokus utama Muhammadiyah dalam membantu mereka.
   Program Children Center Muhammadiyah merupakan kerjasama antara LAZISMU dan MDMC yang untuk tahap berikutnya juga akan dibentuk Sekolah di Palestina.
   MDMC dirintis tahun 2007, kemudian dikukuhkan menjadi lembaga yang bertugas mengkoordinasikan sumber daya Muhammadiyah dalam kegiatan penanggulangan bencana oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah pasca Muktamar tahun 2010.
   MDMC bergerak dalam kegiatan penanggulangan bencana sesuai dengan definisi kegiatan penanggulangan bencana, baik pada kegiatan Mitigasi dan Kesiapsiagaan, Tanggap Darurat dan juga Rehabilitasi. MDMC mengadopsi kode etik kerelawanan kemanusiaan dan piagam kemanusiaan yang berlaku secara internasional.
   Juga, mengembangkan misi pengurangan risiko bencana selaras dengan Hygo Framework for Action dan mengembangkan basis kesiapsiagaan di tingkat komunitas, sekolah dan rumah sakit sebagai basis gerakan Muhammadiyah sejak 100 tahun yang lalu.
   MDMC bergerak dalam kegiatan kebencanaan di seluruh wilayah Indonesia, sesuai wilayah badan hukum Persyarikatan Muhammadiyah yang dalam operasionalnya mengembangkan MDMC di tingkat Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (Propinsi) dan MDMC di tingkat Pimpinan Daerah Muhammadiyah (Kabupaten). (T/R03/R-05).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply