NELAYAN GAZA TANGKAP LEBIH BANYAK IKAN

2012-11-282012-11-28, 04:07:10

        Gaza, 13 Muharram 1434/27 November 2012 (MAAN/MINA) – Gencatan senjata Isarel-Gaza ternyata membawa berkah bagi para nelayan di Jalur Gaza.  Seminggu setelah gencatan senjata, nelayan setempat mulai banyak menangkap ikan di laut.
        Sebagai bagian dari kesepakatan gencatan senjata, israel sepakat untuk melonggarkan daerah tangkapan ikan para nelayan di Gaza yang tadinya hanya diizinkan tiga mil menjadi enam mil dari tepi pantai.

        Para nelayan menyambut dengan antusias dengan adanya perluasan daerah tangkapan ikan, tapi mereka berharap daerah tangkapan ikan bisa diperluas lagi.
        Ketua nelayan di Gaza Mahfouth Al-Kabriti mengatakan jarak enam mil masih terlalu dangkal dan berpasir, dan para nelayan butuh melaut pada jarak 10-12 mil untuk mendapatkan hasil ikan yang cukup.  
        Al Kabriti menceritakan bahwa ikan merupakan sektor utama bagi ekonomi lokal. Selama blokade israel, kebayakan ikan di Gaza diperoleh melalui terowongan dari Mesir atau dari peternak ikan saja. Akibatnya ikan menjadi makanan yang mahal dan merupakan barang langka bagi para warga Palestina.
        Dalam Persetujuan Oslo, Israel setuju untuk zona perikanan berjarak 20-mil laut di lepas pantai Gaza. Tapi selama beberapa tahun terakhir ini telah memberlakukan batas tiga mil saja, dan menembaki nelayan Gaza yang mencoba mencari ikan di luar zona tiga mil.
        Israel telah mengontrol sepanjang pantai Gaza sejak penjajahan di daerah tepi pantai sejak tahun 1967, dan telah menempatkan beberapa kapal perang di perairan Gaza sejak 2008. (T/R09/R05)

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply