NETANYAHU : ISRAEL SIAP SERANG IRAN

Tel Aviv,22 Dzul Hijjah 1433 /07 November 2012 (MINA/PressTV) – “Saya siap untuk memencet tombol (serangan) jika memang dibutuhkan,” ujar PM Israel, Benjamin Netanyahu kepada televisi Israel, Channel 2 pada hari Senin.

Ahad kemarin, sebuah laporan terbaru menyebutkan bahwa rencana serangan Israel pada tahun 2010 digagalkan karena pemerintah melihat kemampuan militer mereka belum mumpuni untuk melakukan serangan.

Pada tanggal 2 September Netanyahu menyerukan kepada dunia internasional untuk membuat batasan yang jelas terhadap Iran agar menghentikan program nuklirnya.

AS dan Israel telah berkali-kali mengancam akan mengambil tindakan militer terhadap Iran jika mereka masih terus melanjutkan program perngayaan uraniumnya yang mana menurut Washington dan Tel Aviv merupakan bagian dari program militer Iran.

Awal tahun ini, AS dan Uni Eropa menjatuhkan sanksi baru terhadap minyak Iran dan perekonomiannya agar mencegah negara-negara lain untuk membeli minyak Iran dan melakukan transaksi dengan Bank Sentral Iran.

Sanksi ilegal buatan AS tersebut merupakan tuduhan tanpa dasar yang jelas dimana mereka menuding Iran melakukan program nuklir untuk non sipil. Iran menolak tuduhan tersebut, lantaran mereka juga mempunyai hak untuk mengelola tekhnologi nuklir dengan tujuan kedamaian sebagai salah satu anggota Badan Energi Atom Internasional (IAEA).

Selain itu IAEA juga telah melakukan peninjauan terhadap fasilitas nuklir Iran dan tidak menemukan bukti bahwa mereka sedang memproduksi senjata nuklir.(J-001)

Rate this article!

Leave a Reply