OBAMA DUKUNG ISRAEL SERANG GAZA

     Washington, 1 Muharram 1434/ 15 November 2012 (MINA/IMEMC) – Presiden Amerika Serikat menyatakan dukungannya atas serangan yang dilakukan oleh Israel ke jalur Gaza pada Rabu 14 November. Dukungan itu disampaikan oleh Obama melalui telepon dengan Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu.

     Obama beralasan Israel memiliki hak untuk membela diri atas beberapa serangan roket dari para pejuang Gaza. Dia juga meminta kepada Netanyahu agar menghindari jatuhnya korban dari warga sipil.
     Netanyahu ingin memastikan dukungan internasional terhadap serangan Israel, sehingga setelah beberapa saat serangan telah berlangsung dia menghubungi beberapa pemimpin-pemimpin dunia. Sebelumnya, dia telah mengumpulkan 50 Duta Besar untuk menggalang dukungan atas kemungkinan terjadinya perang di Gaza.
     Channel 10 mengatakan bahwa Netanyahu menelepon Obama dan menjelaskan secara detail serangan yang dilancarkan oleh Israel. Netanyahu mengucapkan terima kasih kepada Obama atas pengertiannya terhadap keputusan Israel menyerang para pejuang Gaza dalam jumlah serangan yang besar.
     Netanyahu juga berbicara lewat telepon dengan Joe Biden, Wakil Presiden Amerika dan Catherine Ashton, Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa. Seorang diplomat Israel mengkonfirmasikan bahwa Netanyahu juga berbicara dengan Ban Ki-moon, Sekjen PBB soal serangan Israel ke Jalur Gaza.
     Sebelumnya Netanyahu mengatakan bahwa pihak Israel telah mengirimkan pesan yang jelas kepada pihak Hamas dan menyatakan siap untuk memperluas wilayah operasi militer di Gaza jika diperlukan. “Hari ini kita telah mengirimkan pesan yang jelas kepada Hamas dan organisasi lainnya, dan jika perlu kami siap melakukan perluasan serangan”, kata Netanyahu.
     Dalam serangan ini, sedikitnya 11 warga Gaza yang syahid termasuk pemimpin sayap militer Hamas, Brigade Izzuddin Al-Qassam, Ahmed Al-Ja’bari.(R-009)

Rate this article!

Leave a Reply