Pemukim Yahudi Serang Petani Palestina

 

 

 

Ramallah, 18 Dhul Hijja 1433/ 03 November 2012 (IINA/MINA) – Seorang pemukim Yahudi menyerang petani Palestina di kota Nablus, Tepi Barat, kata seorang pejabat Palestina.

Jamal Al-Deek, kepala desa Kafr Al-Deek, menyebutkan bahwa sekelompok orang dari pemukiman Yahudi Peduel menyerang petani di kebun yang terletak di sebelah barat desa. Al-Deek mengatakan bahwa para pemukim tersebut membakar beberapa pohon zaitun di daerah Gharis

Qaswal dan mencuri tanaman zaitun. Dia menambahkan, para petani juga terlibat pertengkaran dengan kelompok pemukim tersebut. Dilaporkan tidak ada yang terluka dari kedua belah pihak. Pejabat tersebut juga menyebutkan bahwa pohon zaitun yang dicuri merupakan milik dari keluarga Ya’qoub Omar dan Aziz Omar.

Dia mengajak Otoritas Palestina, organisasi HAM setempat dan internasional untuk melindungi para petani Palestina dari serangan para pemukim ketika sedang mengolah lahan zaitun mereka.

Musim panen zaitun, telah dimulai pada pertengahan Oktober lalu dimana semua orang di sekitar Tepi Barat mulai memanen hasil kerja keras mereka selama setahun. Memanen zaitun dekat pemukiman Yahudi semenjak beberapa tahun lalu berubah menjadi konfontrasi antara para petani Palestina dan pemukim Yahudi yang telah menempati pemukiman mereka. Organisasi HAM Israel, Yesh Din, menyebutkan bahwa polisi Israel telah gagal mengatasi permasalahan yang merugikan pihak Palestina di Tepi Barat.(J-001)

 

 

 

Leave a Reply