SBY : Indonesia Dukung Palestina Sampai Merdeka

     Bogor, 11 Muharram 1434/25 November 2012 (MINA) – Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan bahwa Indonesia mendukung perjuangan bangsa Palestina sampai mencapai merdeka.

     Presiden SBY mengemukakan hal itu pada puncak acara Forum Perdamaian Dunia IV atau The 4th World Peace Forum (WPF) yang diikuti peserta dari luar negeri berjumlah 100 orang, terdiri atas tokoh politik, pemimpin organisasi, serta akademisi dan aktivis perdamaian dan peserta dalam negeri, yang juga berjumlah 100 orang, berasal dari berbagai organisasi agama, lembaga-lembaga antarkeyakinan (interfaith), akademisi, politisi, dan praktisi pendidikan.

     “Indonesia mengeluarkan pernyataan kepada semua pihak agar segera menghentikan kekerasan di Palestina,” kata SBY di Ruang Garuda, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (25/11).

     Presiden SBY juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Mesir Mohamed Morsi dan PM Turki Tayyip Erdogan  karena sudah ikut andil dalam proses gencatan senjata.

     Presiden SBY menegaskan, Indonesia mengharapkan perundingan segera dilanjutkan sampai Palestina mendapatkan Kemerdekaannya. “Indonesia tetap dalam pendirian akan mendukung Palestina sampai merdeka,”  tegas SBY .

     Dalam pertemuan KTT D8 (Developing Country) di Islamabad, Pakistan, Kamis (22/11/2012), SBY juga menyatakan dukungannya terhadap Palestina, bahkan dalam sela-sela acara tersebut SBY bersama Wakil Presiden Mesir membahas konflik yang terjadi di Palestina selama lima jam.

     SBY menghimbau, seluruh rakyat dan pergerakan-pergerakan di Indonesia untuk menyebarkan pesan-pesan perdamaian agar berbagai konflik berkurang.

     Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin menyampaikan bahwa pelaksanaan WPF dimaksudkan sebagai partisipasi dan aktualisasi komitmen Muhammadiyah bagi perdamaian dunia.

     “WPF merupakan pertemuan tingkat dunia yang diselenggarakan oleh Muhammadiyah bekerja sama dengan mitra di dalam dan luar negeri, dengan motto ‘one humanity, one destiny, and one responsibility,” kata Din Syamsuddin.

    Din Syamsuddin menyatakan realisasi dari WPF, Muhammadiyah dalam konflik di Thailand kemarin memberikan 329 beasiswa kepada mahasiswa Thailand untuk kuliah di perguruan tinggi Muhammadiyah di daerah Jawa.   

     WPF IV diselenggarakan oleh PP Muhammadiyah bekerja sama dengan Cheng Ho Multi Culture Trust dan Centre For Dialog and Corporation among Civilitation (CCDC). WPF IV ini diikuti oleh 44 peserta dari dalam dan luar negeri.

     Forum ini bertujuan mengembangkan dialog terbuka tentang masalah identitas multikulturalisme dan demokrasi yang melibatkan cendikiawan, media, dan politisi.

     Mendampingi Presiden SBY dalam acara ini, antara lain, Mensesneg Sudi Silalahi, Seskab Dipo Alam, Menteri Agama Suryadharma Ali, Mendagri Gamawan Fauzi, Menkominfo Tifatul Sembiring, Menpora Andi Mallarangeng, Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha, Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional Teuku Faizansyah, dan Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Politik Daniel Sparingga. Hadir pula Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan duta besar negara-negara sahabat. (R-10/R-12/R-022/R-006)

Leave a Reply