SERANGAN UDARA AS MELUKAI TIGA ANAK DI TIMUR LAUT AFGHANISTAN

 

 

 

Afghanistan, 27 Dzulhijjah/12 November (MINA/Press TV) – Laporan terbaru mengatakan serangan udara yang dipimpin AS telah melukai sedikitnya tiga anak di Provinsi Kunar timur laut Afghanistan pada saat sentimen anti-Amerika yang meningkat sebagai akibat hilangnya baynyk nyawa warga sipil di tangan pasukan asing.

 

Wasifullah Wasifi, juru bicara gubernur Kunar, mengatakan anak-anak terluka setelah jet tempur milik aliansi pimpinan militer Barat menyerang suatu pertemuan anti-AS di kabupaten Walsawali pada Sabtu malam.

Para pejabat Afghanistan mengatakan bahwa yang terluka dilarikan ke rumah sakit terdekat di wilayah tersebut.

Pimpinan aliansi militer Barat telah mengkonfirmasi serangan itu namun menolak untuk mengomentari kemungkinan korban sipil.

AS mengklaim bahwa operasinya menargetkan para militan, namun penduduk setempat mengatakan warga sipil telah menjadi korban utama dari serangan.

Banyak warga sipil telah kehilangan nyawa mereka dalam operasi AS di berbagai bagian Afghanistan selama beberapa bulan terakhir yang menybabkan Afghanistan semakin marah karena jumlah serangan mematikan yang tiada akhir itu.

Amerika Serikat menginvasi Afghanistan pada tahun 2001 dengan dalih memerangi terorisme.

Serangan  telah menggeser Taliban dari kekuasaan, tapi setelah beberapa tahun invasi, ketidakamanan terus meningkat di seluruh negeri meskipun kehadiran ribuan pasukan asing di negara yang lelah dengan perang ini.

Perang  yang dipimpin Amerika di Afghanistan, yang  telah mencatat rekor tertinggi korban sipil dan militer itu, telah menjadi konflik militer terpanjang dalam sejarah Amerika.

Meningkatnya jumlah korban manusia akibat perang tersebut telah menimbulkan banyak tekanan terhadap  negara-negara anggota NATO untuk menarik pasukan mereka. .(JR/AZ/J-006/HSH)

 

 

 

Leave a Reply