ABBAS UCAPKAN TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN PERANCIS DI PBB

2012-12-03 | 23:52:50

     RAMALLAH, 18 Muharram 1434/ 3 Desember 2012 (WAFA/MINA) – Presiden Mahmoud Abbas, Senin (3/12) mengucapkan terima kasih kepada Perancis yang telah memberikan dukungan suara di Majelis Umum PBB yang mengabulkan status Palestina sebagai negara peninjau non-anggota.

     Abbas mengatakan kepada Konsul Jenderal Prancis di Yerusalem, Frederic Desagneaux dalam pertemuan di Ramallah, dukungan Perancis telah memberikan dampak positif pada negara-negara Eropa lainnya yang juga memberikan suara mendukung resolusi Palestina.

     Dia memuji dukungan Presiden Prancis Francois Hollande dalam perjuangan Palestina untuk kemerdekaan dan pembentukan negara mereka dan menekankan pentingnya konsultasi terus menerus antara Palestina dan Perancis.

     Abbas menyerukan Perancis untuk menekan Israel menghentikan aktivitas pembangunan pemukiman di tanah Palestina yang diduduki terutama di Yerusalem Timur karena bisa merusak upaya perdamaian.

     Sumber lain mengatakan, Inggris dan Perancis untuk pertama kalinya dalam sejarah mengancam akan menarik duta besar mereka sebagai bentuk protes rencana Israel membangun 3.000 unit rumah baru di pemukiman di Yerusalem Timur dan Tepi Barat.

     Desagneaux mengatakan, dia telah mengadakan pertemuan penting dengan Abbas. “Kami membahas langkah selanjutnya yang diperlukan untuk mengembalikan Palestina dan Israel kembali ke meja perundingan,” katanya. Desagneaux juga menambahkan bahwa ada konsultasi dan koordinasi antara pimpinan Palestina dan Perancis untuk semua masalah.

     Pada Jum’at, Abbas juga mengucapkan terimakasihnya kepada pemerintahan Belgia. Duta Besar Palestina untuk Belgia, Laila Shaheed mengungkapkan kegembiraannya atas keberhasilan negara Palestina dan mengatakan suara ini adalah langkah untuk mencapai kemerdekaan nasional. (T/R-012/R-007).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply