ARAB SAUDI KECAM RENCANA PEMUKIMAN ISRAEL

2012-12-11, 15:27:01

     Riyadh, 27 Muharram 1434/11 Desember 2012 (MINA) – Arab Saudi mengecam rencana pembangunan 3.000 unit pemukiman Israel di tanah Palestina yang diduduki, terutama di Tepi Barat dan Yerusalem.
     Kuwait News Agency (KUNA) melaporkan dari Riyadh, kecaman yang melalui Kabinet Saudi itu menyeru masyarakat internasional untuk memantau rencana Israel membangun pemukiman Blok E1 yang akan mengganggu proses perdamaian.     

Israel secara beruntun mendapat gelombang kecaman internasional terkait rencana sepihaknya membangun pemukiman untuk warga Yahudi. Tidak hanya negeri-negeri di kawasan Timur Tengah yang mulai bersauara. Bahkan Amerika, Uni Eropa hingga Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon pun ikut mengecam rencana Israel tersebut.
     Negara-negara Eropa seperti Perancis, Inggris, Spanyol, Denmark, dan Swedia telah memanggil duta besar masing-masing dari Israel sebagai protes atas rencana itu. Begitu pun dengan Jerman dan Australia yang meminta Israel menghentikan rencananya.
Menteri Luar Negeri Perancis Laurent Fabius beberapa hari lalu mengatakan, rencana itu sebagai tindakan kolonialisme baru. “Saya menolak semua keputusan Israel, Israel agar memulai negosiasi,” katanya.
     Israel mengesahkan rencana pembangunan pemukiman sebagai balasan atas upaya Presiden Palestina Mahmud Abbas memperoleh peningkatan status Palestina di PBB.
Namun, meski ditekan dan dikecam oleh PBB, Uni Eropa dan negara-negara dunia lainnya, Israel tampaknya tetap pada rencananya untuk membangun 3.000 unit rumah baru. (R-011/R-005).

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Leave a Reply