Australia Buka Program Pertukaran Tokoh Muslim Dengan Indonesia

     Jakarta, 16 Shafar 1434/ 28 Desember 2012 (MINA) – Kedutaan Besar Australia membuka pendaftaran untuk program pertukaran tokoh muda Muslim Australia-Indonesia 2013 (Muslim Exchange Program/MEP), menurut sumber yang diterima MINA di Jakarta.

     Menurut Kuasa Usaha Australia untuk Indonesia, Dr David Engel, peserta akan menjadi duta besar Islam untuk negaranya masing-masing.
“Program pertukaran tokoh muda Muslim Indonesia dan Australia terus mendorong dialog terbuka dan memajukan pemahaman yang lebih baik tentang agama, toleransi dan keanekaragaman antara kedua negara kita,” kata David.
     “Dua kelompok terdiri dari lima orang dari Indonesia akan ke Australia selama dua minggu pada paruh pertama tahun 2013. Mereka akan berkunjung ke komunitas dan organisasi Muslim, serta berpartisipasi di kegiatan- kegiatan budaya Australia,“ katanya. Peserta dari Australia juga akan mengikuti program yang serupa di Indonesia.
     Universitas Paramadina bertindak sebagai koordinator untuk seleksi peserta dari program ini sejak pertama kali diadakan pada 2002. Tokoh Muslim muda didorong untuk mendaftar program bilateral yang prestisius ini. MEP bertujuan untuk membangun hubungan yang kuat antara komunitas Muslim di Australia dan Indonesia.
     Program ini didanai oleh Pemerintah Australia melalui Lembaga Australia-Indonesia (AII). Selama lebih dari dua dasawarsa, AII telah memainkan peran penting dalam pengembangan hubungan antar warga Australia dan Indonesia dan memajukan saling pengertian yang lebih baik melalui proyek-proyek kesenian, musik, pendidikan, kepemudaan, masyarakat madani, antar-agama, kajian Australia, media dan olahraga.
     Informasi tentang program dan proses pendaftarannya tersedia di www.indonesia.embassy.gov.au dan www.paramadina.ac.id. Pendaftaran ditutup pada 17 Januari 2013.(T/R-007/R-008).

Miraj News Agency (MINA)

Leave a Reply