BERNIAT AKHIRI KRISIS, BRAHIMI KEMBALI KUNJUNGI SURIAH

     Suriah, 11 Shafar1434/24 Desember 2012 (MINA) – Utusan Khusus PBB dan Liga Arab untuk Suriah Lakhdar Brahimi tiba di Damaskus demi mengupayakan solusi baru mengakhiri konflik di negara itu.
     Mantan diplomat senior Aljazair itu memasuki Suriah dari Lebanon pada hari Minggu dan diterima oleh Wakil Menteri Luar Negeri Suriah Faisal al-Miqdad dan kepala urusan politik PBB di Damaskus, Mukhtar Lamani.

     Dijadwalkan Brahimi akan bertemu dengan Presiden Bashar al-Assad, pejabat pemerintah dan beberapa faksi oposisi untuk membahas situasi terakhir di Suriah. Selain itu, ia akan mengumumkan inisiatif baru untuk mengakhiri kerusuhan di negara Arab itu.
     Ini adalah lawatan ketiga Brahimi ke Damaskus sejak menjabat sebagai utusan khusus PBB menggantikan Kofi Annan yang mengundurkan diri pada bulan Agustus.
     Sebelumnya, Brahimi mengunjungi Suriah pada 19 Oktober lalu. Selama lawatan lima harinya, ia bertemu Presiden Assad dan pejabat lainnya untuk mengamankan gencatan senjata sementara pada hari raya Idul Adha.
     Sebuah laporan PBB baru-baru ini mengungkapkan bahwa milisi dari 29 negara yang kebanyakan adalah Salafi ekstremis dikerahkan di Suriah untuk menggulingkan pemerintah Damaskus.
     Pemerintah Suriah berulang kali mengatakan bahwa kekacauan diplot dari luar negeri, dan milisi bersenjata dalam jumlah besar yang beroperasi di negara adalah warga negara asing. (T/R-014/R-008).

Miraj News Agency (MINA)

Leave a Reply