DUA WARGA PALESTINA TERLUKA OLEH TEMBAKAN ISRAEL DI GAZA

       Khan Younis, 2 Shafar 1434/15 Desember 2012 (MINA) – Sumber-sumber medis Palestina di Jalur Gaza melaporkan dua warga Palestina ditembak dan terluka pada Jumat (14/12) malam oleh tentara pendudukan Israel, demikian menurut laporan Middle International East Media Center (IMEMC) yang diterima Kantor Berita Mi’raj (MINA).

      Menurut IMEMC yang mengutip Palestina News Network (PNN), saksi mata mengatakan seorang pemuda berumur 19 tahun ditembak di kaki, sebelah timur Jabalia, Gaza Utara, ketika tentara penjajah Israel di seberang perbatasan melepaskan tembakan kepada para petani yang bekerja di lahan dekat dengan perbatasan.

      Pemuda yang terluka itu dipindahkan ke rumah sakit setempat karena lukanya  yang cukup serius.  Pemuda lainnya (21 tahun) menderita luka ringan sampai sedang setelah ditembak tentara Zionis Israel di perbatasan dekat Khan Younis, selatan Gaza, dan dipindahkan ke Rumah Sakit Nasser di kota itu, tambah IMEMC.

      Serangan tersebut merupakan pelanggaran kesepakatan gencatan senjata kesekiankalinya yang mulai berlaku 21 November lalu, di mana kesepakatan itu mengakhiri serangan delapan hari Israel yang menyebabkan 172 warga Palestina meninggal dan ribuan lainnya terluka. Sebagian besar korban adalah warga sipil, termasuk anak-anak.

       Israel juga terus melakukan pelanggaran terhadap nelayan Palestina  dengan menembak dan mencegah mereka menangkap ikan di perairan Palestina, serta menculik lusinan dari mereka.

       Perlu disebutkan Kementerian Kesehatan Palestina di Jalur Gaza melaporkan 191 warga Palestina, termasuk anak-anak, perempuan dan orang tua, terbunuh oleh pasukan penjajah Israel di Gaza selama November 2012.

        Kementerian Pusat Informasi Kesehatan mengatakan 48 anak, termasuk 16 di bawah usia lima tahun, tewas oleh rudal dan granat Israel, termasuk 12 wanita dan 20 lansia.

        Kementrian itu menambahkan 1.492 warga Palestina, termasuk 533 anak-anak (195 bawah usia 5), 254 wanita dan 103 lansia telah terluka oleh tembakan dan granat Israel.

Zionis gunakan peluruh fosfor putih

       Dalam berita terkait, Kepala Kantor Media Pemerintah Palestina di Gaza Ehab Al-Ghaseen menyatakan Zionis Israel menembakkan tiga peluru fosfor putih terhadap penduduk sipil di Gaza selama serangan terbarunya 14 November lalu.

      Ehab mengatakan para ahli internasional mengkonfirmasi bahwa pasukan pendudukan Israel menggunakan peluru atau munisi fosfor putih yang  dilarang digunakan terhadap kawasan berpendudukan sipil, dan menambahkan media lokal dan Arab juga berhasil mendokumentasikan pelanggaran-pelanggaran itu.

      Pejabat itu menyatakan departemen kementerian itu bertugas mendokumentasikan kejahatan serangan Israel.  Mereka  memiliki dokumen, laporan dan gambar diterima dari beberapa agensi media Arab yang dapat membantu pemeriksaan para ahli internasional tentang pelanggaran-pelanggaran Israel.

      Israel juga membombardir daerah yang padat dengan penduduk sipil, infrastruktur, fasilitas medis, fasilitas pendidikan, fasilitas UNRWA, rumah sipil dan bangunan-bangunan.  (T/R-010/R-006)

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply