HASIL REFERENDUM MESIR TAHAP PERTAMA, PRO-KONSTITUSI BARU RAUP KEMENANGAN

          Kairo, 03 Shafar 1434/16 Desember 2012 (MINA) – Perseteruan rancangan  konstitusi baru Mesir antara kubu pendukung dan penentang Presiden Mesir Muhammad Mursi mulai menemukan jawaban dari hasil sementara referendum.

 

        “Dalam tahap satu pemungutan suara (referendum) mayoritas rakyat Mesir mendukung disahkannya rancangan konstitusi ini sebagai undang undang dasar Mesir pasca revolusi,” kata Lembaga Studi Informasi Alam Islami (SINAI) Mesir dalam jejaring sosialnya yang diterima Mi’raj News Agency (MINA), Ahad siang (16/12).

 

     Sebagaimana yang dilaporkan chanel Al Jazeera, Mubasher Misr dalam jejaring sosialnya pada Ahad (16/12) pukul 06:00 Waktu Kairo hasil akhir (non-resmi) referendum tahap satu dalam negeri, setelah penghitungan di 10 provinsi: 56,9 persen mendukung 43,1 persen  menolak. Dengan selisih lebih dari satu juta suara, Pro Morsi menang.

 

     Sepuluh provinsi yang menyelenggarakan referendum di tahap satu ini (Sabtu 15/12) adalah: Kairo, Alexandria, Al Daqhaleya, Al Gharbeya, Al Syarqeya, Asyuth, Shohag, Aswan, Sinai Utara & Selatan. Sedangkan Tahap satu untuk wilayah Provinsi Giza, Qalyubeya, Manufeya, Buhaera, Kafru Syeikh, Dumyat, Ismailia, Port Said, Suez, Mathruh, Laut Merah, Al Wadi Al Jadid, Bani Suef, Fayyoum, Al Menya, Luxor dan Qena akan diselenggarakan Sabtu depan (22/12).

 

     Referendum kali ini hakikatnya adalah pertarungan dua kekuatan besar. Antara kejujuran dengan konspirasi jahat.

 

     Mau kemana Mesir pasca Revolusi ? Kroni Mubarak dengan konspirasi global mati-matian dengan menghalalkan segala cara ingin menghadang laju revolusi, demikian menurut analisa SINAI.

 

     Konstitusi baru yang sedang direferendum ini kalau disetujui rakyat maka itu akan menjadi kuburan massal bagi kroni Mubarak karena ada pasal larangan bagi mereka terjun ke politik selama 10 tahun.

 

      Ada beberapa catatan penting dalam Referendum ini :

 

• Morsi menang telak 95,4 persen di TPS tempat tinggal Morsi. Bukti nyata Rakyat cinta pemimpinnya.

 

• KRISTEN KOPTIK dukung Morsi. Propinsi Sohag, selatan Mesir, mayoritas penduduknya kristen koptik, 83 persen setuju dan 17persen  tidak.

• Di Propinsi Daqahliya (Manshurah); 55.1 persen Yes dan 44.9 persen No | Padahal dulu di pilpres, Mursi kalah di propinsi ini.

 

• Melihat hasil di lapangan ini tampak semua plan-plan yang direncanakan Liberalis dan kroni Mubarak GAGAL TOTAL. Mulai dari :

 

Plan A: Makar untuk membatalkan referendum: GAGAL
Plan B: Makar untuk menunda referendum: GAGAL
Plan C: Propaganda untuk Memboikot referendum: GAGAL
Plan D: Menebar dusta dan menyebarluaskan foto copy UU yang sudah diubah dan dipalsukan untuk mengelabui rakyat: GAGAL
Plan E: Memasang iklan di berbagai media agar rakyat tetap ikut serta di referendum dengan mencontreng pilihan “Tidak”: GAGAL
Plan F: Melakukan aksi-aksi curang di TPS-TPS dan menyebarluaskannya di media untuk menipu rakyat: GAGAL

     Untuk selanjutnya peluang bagi segala kemungkinan masih terbuka. Namun hasil ini akan tetap menjadi tolak ukur pada tahap satu, demikian kesimpulan analisa SINAI. (T/R-022/R-006)

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply