HATTA RADJASA: TUGAS POKOK ICMI MEMBANGUN PERADABAN ISLAM

       Jakarta, 8 Shafar 1434/20 Desember 2012 (MINA) – Menteri Koordinator Bidang Ekonomi sekaligus Ketua Dewan Pakar Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Hatta Radjasa dalam acara Penutupan Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) ICMI mengatakan tugas pokok ICMI sekarang adalah membangun peradaban, Kamis di gedung Jakarta Convention Centre.

 

      “Peradaban mengalami pasang surut. Tugas pokok kita sekarang adalah membangun peradaban Islam,” kata Ketua Umum Partai Amanat Nasional itu kepada seluruh anggota ICMI yang hadir dari Sabang sampai Merauke.

 

      Pria Sumatera Selatan yang baru memperoleh gelar kehormatan dari Republik Korea itu mengungkapkan bahwa banyak SMS yang diterimanya berbunyi bahwa ICMI telah kembali ke jati dirinya untuk memberi sesuatu kepada negeri Indonesia.

 

      Hatta menegaskan, “Kita harus berani mengambil peran sentral dan strategis dalam membangun peradaban Islam. Sejarah mencatat peranan ICMI sangat luar biasa.”

      Salah satunya, Hatta menyebutkan ekonomi syariah yang dimotori dari hasil pemikiran ICMI.

 

      Pernyataan pria yang setengah tahun lalu menerima gelar Doctor Honoris Causa dari Universitas Pertanian Slovakia itu memperkuat harapan Ketua Presidium ICMI periode 2013 Marwah Daud Ibrahim yang ingin ICMI menjadikan Indonesia sebagai pusat peradaban Islam.

 

      “Di abad 21, di mana peradaban Islam? Di Indonesia dan ICMI itulah sumber peradaban,” kata Marwah yang sebelumnya menjabat Sekretaris Umum ICMI.

 

      Hatta menambahkan bahwa segala seuatu yang menentang sunnatullah akan mengalami problem besar dan kendala. (T/R-011/R-006).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply