INDONESIA KHAWATIRKAN CAMPUR TANGAN AS DI ASIA TENGGARA

      Teheran, 14 Safar 1434/27 Desember 2012 (FNA/MINA) – Duta Besar Indonesia untuk  Iran, Dian Wirengjurit menyuarakan kekhawatiran Indonesia  mengenai campur tangan Amerika Serikat (AS) di Asia Tenggara dan memperingatkan bahwa campur tangan Washington hanya menambah masalah di wilayah ini, Fars News Agency (FNA) melaporkan Rabu.

 

      Dubes Indonesia  itu mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia percaya bahwa negara-negara Asia Tenggara yang terlibat dalam sengketa teritorial dapat menyelesaikan masalah mereka sendiri  dan kehadiran AS di kawasan itu hanya membuat masalah mereka memburuk.

 

     “Campur tangan AS tidak memecahkan perselisihan teritorial di wilayah ini. Sebaliknya, kehadiran kekuatan asing mengintensifkan ketegangan,” kata Dian.

 

      Dian lebih lanjut mencatat bahwa klaim yang dibuat oleh negara pantai Laut Cina Selatan pada beberapa bagian laut telah mendorong China dan Taiwan untuk meningkatkan klaim teritorial yang sama di daerah yang sama, menambahkan bahwa hal ini telah mendorong AS, saingan utama dari China, untuk mencampuri  urusan di kawasan ini.

 

      Ketegangan atas Laut Cina Selatan dan sengketa terpisah di Laut Cina Timur telah membayangi isu ekonomi dan perdagangan di KTT Asia Timur di Kamboja bulan lalu.

 

      Permasalahan yang telah lama berlangsung  di Laut China Selatan, yang melibatkan China, Taiwan dan empat anggota ASEAN, telah menjadi semakin rumit dalam beberapa tahun terakhir ini.

 

     China mengklaim hampir semua laut di kawasan tersebut,  tapi negara negara lainnya juga mengatakan itu bagian dari Negara mereka. Air yang kaya akan sumber daya energi dan perikanan serta sekitar $ 5 triliun pengiriman kargo berat dari separuh pelayaran dunia melewati kawasan itu setiap tahun. (T/R-011/R-006)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply