Israel Ancam Batalkan Gencatan Senjata Karena Kunjungan Mashaal ke Gaza

      Gaza, 25 muharam 1434/ 9 Desember 2012 (Maan/MINA)- Israel mengancam akan membatalkan perjanjian gencatan senjata yang ditengahi oleh Mesir jika kepala Hamas di pengasingan dan delegasinya mengunjungi Jalur Gaza untuk perayaan ulang tahun ke-25 Hamas, kata pemimpin senior Hamas Izzat al-rishiq.

       Al-Rishiq mengatakan, “kami menerima ancaman nyata bahwa penjajah Israel bisa membatalkan perjanjian gencatan senjata atau melakukan apa saja,” menurut laporan Maan.

      Al-Rishiq menekankan bahwa Mashaal memutuskan untuk mengunjungi Jalur Gaza meskipun risiko pada diri pribadinya.

      Kunjungan Mashaal ke jalur Gaza merupakan sejarah, ia berkata “Kami senang menginjakan kaki di tanah murni Gaza, dan bertemu orang-orang kami.”

      “Orang-orang kami harus lebih yakin tentang perlawanan.  Hamas adalah gerakan perlawanan dan tanpa perlawanan tidak akan ada Hamas,” Mashaal menambahkan.

      Pada hari Kamis Jihad Islam mengatakan pejabat Israel mengancam untuk membunuh pimpinan Jihad Islam  jika ia memasuki jalur Gaza.

        Pemerintah Mesir mengatakan bahwa Israel menolak kunjungan Mashaal dan menargetkan pemimpin Jihad Islam Ramadhan Shalah dan wakilnya Ziad Nakhla jika mereka mengunjungi Gaza. (T/R-017/R-006)

Leave a Reply