ISRAEL BUKA KUNJUNGAN KELUARGA TAHANAN PALESTINA

       Kota Gaza, 19 Muharram 1434/03 Desember 2012 (Ma’an / MINA) – Pemerintah Israel Minggu (2/12) membuka kunjungan keluarga tahanan Palestina di penjara Israel.

      Saber Abu Karsh, ketua Asosiasi Tawanan Waed yang berbasis di Gaza, mengatakan 59 anggota keluarga akan berangkat dari kantor Komite Internasional Palang Merah (ICRC) untuk mengunjungi penjara Nafha  pada Senin (3/12).

       Akhir Oktober lalu, Kementerian Tahanan Otoritas Palestina mengatakan Israel telah membatalkan kunjungan keluarga untuk para tahanan dari Gaza, tiga bulan setelah mereka dikembalikan.

     Pada Juli, Israel mengizinkan kunjungan pertama tahanan dari Gaza dalam lima tahun terakhir. Kunjungan telah dilarang sejak 2007 untuk menekan Hamas melepaskan prajurit Israel Gilad Shalit yang dibebaskan pada Oktober 2011.

       Israel setuju membuka kunjungan keluarga tahanan  dari Gaza sebagai bagian dari kesepakatan mengakhiri  mogok makan massal selama sebulan di penjara-penjara Israel.

       Saat itu, Menteri Urusan Tahanan Issa Qaraqe mengatakan kunjungan itu dilanjutkan pada ‘masa percobaan.’

       Sejak 2007, Komite Palang Merah Internasional menyerukan dimulainya kembali kunjungan keluarga dan menyambut kunjungan pertama pada Juli.

        “Ini adalah langkah pertama dan kami berharap bahwa kunjungan penduduk Gaza akan dilanjutkan secara penuh,” kata Juan Pedro Schaerer, kepala delegasi ICRC lokal, Juli lalu.

      “Kami telah berulang kali menyerukan dimulainya kembali kunjungan keluarga yang merupakan kelangsungan hidup bagi tahanan dan keluarga mereka.

      Menurut hukum kemanusiaan internasional, pihak berwenang Israel memiliki kewajiban  memberikan kesempatan menerima kunjungan  keluarga untuk para tahanan.” (T/R10/R-006)

Leave a Reply