ISRAEL IZINKAN BAHAN KONSTRUKSI MASUK KE GAZA

     Gaza, 15 Shafar 1434/28 Desember 2012 (MINA) – Otoritas Palestina menyatakan Israel mengizinkan dua puluh truk sarat dengan kerikil untuk konstruksi masuk ke Jalur Gaza. Hal ini terjadi pertama kali setelah lebih dari lima tahun.

     “Masuknya dua puluh truk bermuatan kerikil itu untuk konstruksi dari sektor swasta komersial akan dimulai pada Ahad minggu depan melalui Khalem Shalom sebelah Tenggara Jalur Gaza setiap hari, kecuali Jumat dan Sabtu karena akhir pekan,” demikian kata Raed Fattouh, Ketua Komite Koordinasi masuknya barang ke Jalur Gaza kepada Palestina Online yang dikuti Miraj News Agency.
     “Ini adalah pertama kalinya Israel mengizinkan masuk kerikil untuk konstruksi dari sektor swasta komersial sejak blokade besar-besaran Israel pada pertengahan 2007 lalu dan ini adalah permulaan masuknya bahan-bahan konstruksi,” lanjutnya.
     Langkah ini diambil Israel setelah Ketua Komite Nasional untuk Rekonstruksi Gaza, Al Mohamed Emidi mengumumkan untuk mendistribusikan penawaran kepada dua puluh perusahan Palestina sebagai tahap awal rekonstruksi.
     Sementara itu, gencatan senjata Gaza-Israel yang telah dimulai sejak Rabu (21/11) setelah delapan hari agresi Israel Jalur Gaza, menyebabkan berbagai wilayah di Jalur Gaza mengalami kerusakan parah dan harus segera di rekonstruksi.(T/R-019/R-008).

Miraj News Agency (MINA)

Leave a Reply