JET TEMPUR F-16 MESIR TERBANG RENDAH DI ATAS PENGUNJUK RASA KAIRO

      Kairo, 26 Muharram 1434/10 Desember 2012 (MINA) – Jet tempur F-16 Mesir  terbang rendah di atas pusat kota Kairo, Minggu. Suatu manuver langka yang dilakukan oleh Angkatan Udara di atas ibukota di tengah ketegangan politik yang tinggi di negara Afrika Utara itu, Press TV melaporkan.

 

      Jet militer buatan Amerika itu muncul sehari setelah tentara Mesir menyeru semua pihak untuk menyelesaikan krisis politik  melalui dialog. Namun pejabat Angkatan Udara Mesir tidak bersedia berkomentar tentang manuver pesawatnya.

     Pada akhir Oktober yang lalu, jet tempur Mesir melakukan kejutan serupa yang merupakan bagian dari latihan militer.

 

     “Jalan dialog adalah cara terbaik dan satu-satunya untuk mencapai kesepakatan dan mencapai kepentingan bangsa dan warga negaranya,” kata Angkatan Bersenjata Mesir dalam pernyataannya, Sabtu.

 

      Militer mendesak penentang dan pendukung Mursi membuka pembicaraan untuk mencegah Mesir jatuh “ke terowongan gelap yang mengakibatkan bencana.”

 

“Itu adalah sesuatu yang  tidak akan kita izinkan terjadi,” tegas militer Mesir.

 

      Tanggal 22 November, Muhammad Mursi mengeluarkan dekrit yang memicu kontroversi. Sejak keputusan itu dikeluarkan, terjadi protes besar-besaran yang menimbulkan bentrok berdarah antara oposisi dengan pendukung Mursi. Terutama bentrokan besar yang terjadi di depan Istana Kepresidenan yang menimbulkan lima orang tewas dan 350 lainnya cedera.

 

       Laporan terbaru mengatakan bahwa Presiden Mursi telah menganulir keputusan kontroversialnya itu dan akan mengubahnya.

 

Dekrit kontroversial diganti Deklarasi Konstitusi baru

       Setelah sepuluh jam pertemuan Ahad, dialog nasional antara Presiden Mesir Muhamad Mursi dan sejumlah tokoh politik berakhir dengan pengumuman deklarasi konstitusi baru yang menggantikan dekrit kontroversial yang dikeluarkan 22 November lalu. Kebanyakan oposisi memboikot dialog nasional tersebut.

      Deklarasi yang baru juga menempatkan deklarasi 22 Nopember dan semua deklarasi sebelumnya kebal dari semua usaha melawannya. Hal ini menyangkut pemecatan dan penggantian jaksa dari posisinya sebagaimana perintah langsung untuk mengungkap kasus yang menewaskan para demonstran selama revolusi Mesir pada 25 Januari 2011 sampai akhirnya Mursi terpilih menjadi presiden pada 30 Juni 2012.

Ahram Online menyiarkan terjemahan deklarasi konstitusi baru Presiden Mursi yang dikeluarkan pada 8 Desember 2012 :

  1. Deklarasi konstitusi yang dikeluarkan pada 22 November 2012 tidak berlaku mulai hari ini (9/12) dan semua konsekuensinya tetap berlaku.
  2. Jika ada bukti baru, maka investigasi akan dilakukan terhadap tindakan pembunuhan, percobaan pembunuhan, melukai atau meneror warga yang terjadi antara tanggal 25 Januari 2011 dan 30 Juni 2012 jika perbuatan tersebut berhubungan dengan revolusi. Jika investigasi membuahkan bukti baru terkait dengan kejahatan kriminal diatas, maka jaksa penuntut umum boleh membawa kasus tersebut ke pengadilan yurisdiksi, bahkan jika ada pembebasan akhir  dalam kasus tersebut atau pengadilan menolak banding jaksa dalam pembebasan itu.
  3. Jika rakyat memilih menentang rancangan konstitusi dalam referendum pada Sabtu 15 Desember 2012, Presiden akan mengadakan pemilihan langsung dari 100 anggota dewan konstituante yang baru dalam waktu tiga bulan. Majelis tersebut harus menyelesaikan tugasnya selama enam bulan sejak tanggal pemilihan. Presiden kemudian mengadakan referendum tentang rancangan baru yang diselenggarakan oleh Majelis dalam waktu 30 hari setelah menerima rancangan. Presiden kemudian akan mengajak referendum lagi untuk rancangan baru yang diajukan  oleh Majelis dalam waktu 30 hari setelah menerima rancangan. Dalam semua kasus, penghitungan suara dan pengumuman hasil referendum konstitusi akan dilaksanakan secara terbuka dalam pemilihan subkomite subkomite segera setelah proses pemungutan suara selesai. Hasilnya akan disahkan oleh ketua subkomite.
  4. Semua deklarasi konstitusi, termasuk yang terbaru, bersifat kebal terhadap hukum.
  5. Deklarasi konstitusi diumumkan melalui koran pemerintahan dan sah sejak hari dikeluarkan. (T/R-011/R-007/R-009/R-006).

 Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply