KONFLIK MESIR TIDAK PENGARUHI KEBIJAKAN MURSI TERHADAP PALESTINA

2012-12-02 | 01:26:41

     Kairo, 18 Muharram 1434/ 2 Desember 2012 (MINA) – Maraknya demo yang anti dan pro terhadap pemerintahan Presiden Mesir Muhammad Mursi tidak akan mempengaruhi kebijakan Mesir terhadap Palestina, kata sumber Mi’raj News Agency (MINA) di Kairo, Minggu.
     Disebutkan, presiden Mesir tetap pada pendiriannya membuka pintu perbatasan Rafah untuk membantu proses rekonstruksi Gaza setelah serangan Israel bulan lalu. Pintu Rafah dibuka untuk memudahkan penyaluran bahan material konstruksi untuk membangun kembali kota Gaza yang hancur oleh serangan delapan hari Israel.
     Sebelumnya diberitakan, Mesir bergejolak setelah oposisi Mursi yang didominasi oleh partai liberal dan sosialis mengkritik Dekrit Presiden yang dikeluarkan lebih dari seminggu lalu. Bentrokan terjadi di Tahrir Square antara massa kontra Dekrit Presiden dengan pihak keamanan yang mengakibatkan seorang demonstran tewas dan puluhan lainnya mengalami luka-luka.
     Sumber MINA di Kairo melaporkan, massa pro Mursi juga turun ke jalan mendukung keputusan Mursi. Massa terbagi di tiga tempat yakni di Universitas Kairo, Aleksandria, dan Assiut. Konflik domestik tersebut berdampak negatif terhadap perekonomian Mesir seperti melonjaknya harga-harga bahan pokok.
     Disebutkan pula para demonstran yang pro-Presiden Mursi menahan diri untuk tidak berhadapan langsung dengan demonstran anti Mursi, terutama di Tahrir Square guna menghindari terjadinya bentrokan berdarah dan munculnya kekuasaan militer.
     Demonstran pro-Mursi yang turun hari Sabtu diperkirakan berjumlah satu juta orang, jauh lebih besar dibanding demonstran anti-Mursi yang turun ke jalan sejak beberapa hari sebelumnya.
     “Demonstran pro Mursi menghindari berhadapan langsung dengan demonstran anti Mursi guna menghindari terjadinya bentrokan berdarah. Kalau kekerasan terjadi, kalangan pro Mursi mengkhwatirkan munculnya militer ke puncak kekuasaan,” kata Koresponden Mi’raj News Agency (MINA) Dani Noveri di Kairo, Sabtu malam waktu Jakarta (Sabtu siang waktu Kairo).
(L/R-007/R-002).

Leave a Reply