MAHMOUD MEKKI MENGUNDURKAN DIRI DI TENGAH JAJAK PENDAPAT

      Kairo, 10 Shafar 1434/23 Desember 2012 (Al Jazera/MINA) – Mahmoud Mekki, Wakil Presiden Mesir menurut laporan televisi pemerintah telah mengumumkan pengunduran dirinya bertepatan harinya dengan pelaksanaan tahap kedua pemungutan suara referendum konstitusi.

       Pengunduran dirinya, diumumkan Sabtu lima jam setelah pemungutan suara tahap kedua dan terakhir dari referendum sebuah konstitusi kontroversial yang didukung Ikhwanul Muslimin.

 

 

       Mekki seorang hakim terkemuka mengatakan ia berniat untuk berhenti setelah piagam itu diadopsi. Konstitusi baru tersebut menghilangkan jabatan wakil presiden.

      Bagaimanapun, pernyataan yang dibaca oleh Mekki pada sebuah stasiun televisi pemerintah mengisyaratkan bahwa motif keberangkatannya yang terburu-buru itu dapat dikaitkan dengan kebijakan Presiden Mohamed Morsi.

     “Saya telah menyadari beberapa waktu lalu bahwa sifat politik tidak sesuai dengan latar belakang profesional saya sebagai hakim,” tulisnya.

     Makki mengatakan ia pertama kali mengajukan pengunduran diri pada bulan lalu, namun ada beberapa hal yang memaksanya untuk tetap.

     Mekki mengambil peran utama sebagai penyelenggara “persatuan nasional” demikian yang dikatakan Morsi, meskipun politisi oposisi utama menjauh.

     Mekki (58) adalah seorang hakim yang dihormati sebelum Morsi menunjuknya untuk menduduki jabatan wakil presiden pada Agustus.

       Dia memimpin oposisi untuk menggulingkan kepemimpinan Hosni Mubarak, namun dia membantah bahwa ia akan mencalonkan dirinya sebagai presiden. Dia mengatakan ingin tetap berpolitik secara independen. (T/R-012/R-008/R-006)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply