MALAYSIA SELAMATKAN PENGUNGSI MUSLIM ROHINGYA

Rohingya Mal       Jakarta, 6 Shafar 1434/19 Desember 2012 (MINA) – Badan maritim Malaysia Selasa mengatakan pihaknya telah menyelamatkan 40 warga Myanmar korban kapal karam yang diidentifikasi sebagai Muslim Rohingya yang melarikan diri dari kekerasan etnis di Myanmar.

      Menurut badan maritim Malaysia itu, mereka selamat dari kecelakaan di pantai lepas Myanmar pada 4 Desember lalu, di mana 160 orang lainnya dilaporkan tenggelam, sementara yang lain dalam kondisi sehat dan dibawa ke negara bagian Johor menggunakan kapal, demikian menurut laporan blog www.rohingyablogger.com, yang diterima Mi’raj News Agency (MINA), Rabu.

      “Saya mengkonfirmasi ada 40 warga Burma (Myanmar) diselamatkan oleh kargo kapal Victory Nosco berbendera Vietnam,” kata Hamid Mohamad Amin, direktur badan komando dan control Maritim Malaysia.

      Singapura menolak kapal yang membawa 40 orang yang selamat itu ditengah laporan media bahwa mereka kemungkinan adalah pengungsi Muslim Rohingya.

      Pihak maritim Singapura dan Otoritas Pelabuhan (MPA) mengatakan menolak masuk kapal Victory Nosco berbendera Vietnam itu karena kurangnya informasi tentang penumpang kapal tersebut.

      Surat kabar Australia Sydney Morning Herald melaporkan 40 orang itu diyakini adalah minoritas Muslim Rohingya dari Rakhine, Myanmar, yang telah melarikan diri dari kekerasan etnis di sana.

      Bentrokan antara umat Buddha dan minoritas Muslim Rohingya telah menyebabkan puluhan orang tewas dan menelantarkan lebih dari 115.000 orang sejak Juni.

      Dikatakan, mereka yang selamat dari kapal berbendera Bangladesh yang tenggelam itu, dalam perjalanan menuju Malaysia, sebuah negara mayoritas Muslim yang memiliki populasi terbesar warga Rohingya. (T/R-012/R-008/R-006)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Leave a Reply