MESHAAL: HARI INI GAZA, ESOK JERUSALEM

       Gaza, 24 Muharram /7 Desember 2012 (Ma’an/MINA)Ketua Hamas  Khaled Mashaal Jum’at tiba di Gaza untuk memulai  kunjungan pertama kalinya di daerah kantong Palestina di pesisir Laut Tengah itu.

       Di tengah kerumunan rakyat Palestina, dia mengatakan bahwa harapan berikutnya adalah bisa mengunjungi Jerusalem, Ramallah, dan Palestina yang merdeka.

       Setelah melewati perbatasan Rafah di Mesir, Mashaal melakukan sujud syukur karena bisa masuk ke Gaza untuk pertamakalinya. Sujud Mashaal disambut oleh puluhan pejabat dari berbagai faksi yang saling berbaris untuk menemuinya di bawah sinar matahari Desember yang hangat.  

       Mashaal mengucapkan terima kasih kepada rakyat  Gaza dan faksi politik dalam pidato pertama kalinya di tanah Palestina. “Kami para politisi merasa berhutang kepada para rakyat Gaza,” kata Mashaal.

      Tidak lama setelah itu, sang pemimpin Hamas tersebut menangis haru ketika disambut oleh Perdana Menteri Gaza, Ismail Haniya.

       Mashaal mengatakan kepada rakyat Gaza bahwa kunjungannya merupakan “kelahiran ketiga” baginya, sebelumnya dia pernah mengalami percobaan pembunuhan oleh agen Mossad pada tahun 1997 namun gagal. Selamat dari pembunuhan tersebut disebutnya seperti “kelahiran kedua”.

       Haniyah sendiri menyebut kedatangan Meshaal sebagai sebuah momen bersejarah dalam sejarah Palestina. Mashaal meninggalkan Tepi Barat pada tahun 1967, saat dia berusia 11 tahun.

      “Semua rakyat Palestina akan pulang ke tanah air mereka. Khaled Mashaal pulang setelah sebuah kemenangan,” kata Mahmoud Al-Zahar seorang veteran Hamas.

      Mashaal akan tinggal di Gaza selama 48 jam. Anggota biro politik Hamas, Mousa Abu Marzouq, Izzat al-Rishq, dan Saleh akan menemani Meshaal selama dia berada di Gaza.

      Hamas berencana mengadakan rapat umum secara terbuka pada hari Sabtu untuk mempromosikan apa yang dikatakan sebagai kemenangan bulan lalu melawan Israel, disaat yang bersamaan akan dirayakan juga hari berdirinya Hamas yang ke 25.  (T/R-009/R-006)

 

Leave a Reply