MESIR AKAN UMUMKAN HASIL REFERENDUM

       Kairo, 13 Shafar 1434/ 25 Desember 2012 (MINA/PressTV) – Mesir bersiap mengumumkan hasil resmi referendum konstitusi baru yang didasarkan pada hukum Islam Selasa (25/12) sore waktu setempat setelah tertunda satu hari.

 

      “Komite Pemilihan akan mengumumkan pada hari Selasa pukul 7 (17:00 GMT) hasil referendum mengenai konstitusi baru,” kata Ketua Komite Pemilihan,Hakim Samir Abu el-Matti.

Pembentukan parlemen baru akan dilakukan setelah pemilihan umum dua bulan mendatang.

Penghitungan tidak resmi menunjukkan sekitar 64 persen rakyat Mesir menyetujui rancangan konstitusi.

 

      Pihak oposisi menyebut teks rancangan tersebut tidak bisa menjamin hak-hak perempuan Mesir dan kaum minoritas.Tapi Presiden Mesir, Muhamad Mursi mengatakan konstitusi akan mengamankan demokrasi dan mendorong stabilitas.

 

     Pada hari Ahad, oposisi juga menuduh telah terjadi kecurangan dan pelanggaran dalam referendum dan akan mengajukan banding atas hasil pemungutan suara. “Referendum ini bukan akhir dari jalan. Ini hanya satu pertempuran,” kata Front Penyelamat Nasional dalam sebuah pernyataan yang dibacakan di sebuah konferensi pers di Kairo.

      Dari antara 25 juta pemilih yang ada di 17 provinsi, lebih dari delapan juta orang menyatakan setuju bahwa bangsa Mesir harus diatur dengan prinsip-prinsip hukum Islam.

 

      Pemilu referendum ini dilakukan dalam dua kali putaran. Pada pemilihan pertama Sabtu pekan lalu, referendum juga disetujui oleh 57 persen suara masyarakat. Sementara pada putaran kedua Sabtu pekan ini sebanyak 71 persen rakyat menyetujui rancangan konstitusi baru ini. (T/R-007/R-006).

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Rate this article!

Leave a Reply