MURSI BERIKAN SUARANYA PADA PEMUNGUTAN SUARA UNTUK REFERENDUM

        Kairo, 2 Shafar 1434/15 Desember 2012  (MINA) – Presiden Mesir Muhammad Mursi memberikan suaranya dalam pemungutan suara untuk referendum konstitusi yang dipimpinnya di Heliopolis, bagian timur Kairo, di mana setelah  melakukan votingnya, mendapat tepuk tangan warga yang di daerah itu pada Sabtu (15/12).

       Menurut laporan Egypt Independent (Mesir Independen), setelah Mursi memberikan suaraya di salah satu tempat pemungutan suara (TPS) di Heliopolis itu, para warga pun sontak bertepuk tangan untuknya.  Dalam kesempatan itu Mursi memastikan proses pemungutan suara akan berlangsung lancar.

    Sejak pagi antrian panjang memenuhi berbagai tempat pemungutan suara (TPS) berbeda di Heliopolis. Hanya satu hakim yang mengawasi proses dalam satu TPS dengan lima cabang tempat pemungutannya.  Tentara dan polisi yang menjaga TPS itu mengatur antrian pemilih agar tetap berjalan rapi.

      Berdasarkan laporan yang diterima Kantor Berita Mi’raj (MINA) pada Kamis (13/12), Presiden Mursi mengeluarkan peraturan perundang-undangan baru tentang pembagian referendum konstitusi ke dalam dua tahap. 

       Referendum tahap pertama adalah pemungutan suara dari sepuluh wilayah dilaksanakan pada hari ini yang  meliputi Kairo, Alexandria, Aswan, Assiut, Daqahlia, Gharbiya, Sharqiya, Sohag, Sinai Selatan dan Sinai Utara.

        Referendum tahap kedua akan dilakukan 22 Desember dengan melakukan pemungutan suara di wilayah Giza, Qena, Beheira, Beni Suef, Damietta, Ismailia, Kafr al-Sheikh, Matrouh, Monufiya, New Valley, Port Said, Qalyubiya, Laut Merah, Suez dan Luxor.

      Menurut Al Jazeera, beberapa TPS yang melakukan pemungutan suara hari ini terlihat tenang dan berjalan lancar, antrian pun semakin memadati TPS yang terletak di Kairo dan Alexandria. 

      Hasil sementara pemungutan suara referendum ini akan diumumkan setelah proses pemungutan suara selesai hari ini

       Sementara itu, pada Rabu kemarin (12/12) sekitar 586.000 rakyat Mesir di luar negeri sudah mulai melakukan pemungutan suara referendum konstitusi. Para pemilih yang berdomisili di luar negeri itu mempunyai waktu empat hari untuk melakukan pemungutan suara di kedutaan dan konsulat yang ditunjuk. (T/R-010/R-006)

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply