PARA PENGUNGSI PALESTINA BISA KEMBALI KE KAMP DI DAMASKUS

     Bethlehem, 8 Shafar 1434/ 21 Desember 2012 (MINA/Ma’an) – Sebuah perjanjian antara faksi-faksi Palestina di Damaskus akan memperbolehkan para pengungsi Palestina di kamp pengungsi Yarmuk untuk kembali setelah melarikan diri setelah mengalami serangan, kata Duta Besar Palestina untuk Suriah pada Kamis (20/12).

       Mahmud al-Khalidi mengatakan warga Suriah dan faksi Palestina tidak akan membiarkan tentara memasuki kamp pengungsian. “Dengan demikian, pasukan presiden Bashar Assad tetap berada di luar,” ungkap Mahmud.

      “Kami berusaha menjadikan pintu masuk kamp pengungsian itu aman untuk warga Palestina,” kata Mahmud kepada Ma’an.

       Duta Besar tersebut mengatakan dia telah menghubungi pemerintah Suriah serta pemimpin tentara untuk mengkonfirmasi bahwa mereka resmi menarik diri dari kamp, yang memungkinkan ribuan orang Palestina untuk kembali.

      Mahmud mengatakan, kedutaan besar Palestina di Damaskus telah berkomitmen melindungi pengungsi Palestina dan menolong mereka mendapatkan tempat yang aman.

      Badan PBB untuk pengungsi Palestina, UNRWA menyatakan telah membangun rumah untuk 2600 warga yang terusir dari tanah mereka dan juga membangun sekolah di Damaskus yang terus meningkat.

    Meski begitu, lebih dari 1000 pengungsi Palestina telah menyebrang ke Lebanon. (T/R-007/R-006).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply