PARLEMEN IRAN: UJI COBA SUBKRITIS NUKLIR AS RUSAK PERDAMAIAN DUNIA

       Teheran, 25 Muharram 1434/09 Desember 2012 (MINA / Press TV) – Anggota Parlemen Iran Mohammad Hassan Asafari mengecam uji coba subkritis  nuklir  yang dilakukan Amerika Serikat pada Rabu, dengan mengatakan langkah tersebut mengancam perdamaian dunia.

 

      “Uji coba nuklir AS yang baru-baru ini dilakukan di gurun Nevada merusak perdamaian internasional,” kata Asafari, yang juga wakil ketua Komite Keamanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri  Parlemen Iran pada Sabtu (8/12).

 

      Tes itu “membuktikan arogansi global AS memberikan perhatian khusus untuk memproduksi dan memperbanyak senjata pemusnah massal,” katanya.

 

     Asafari berpendapat, Amerika Serikat tidak  melakukan apa-apa untuk kampanye perlucutan senjata nuklir  dan bahkan membuat upaya untuk menjegal konferensi internasional mengenai Timur Tengah bebas senjata nuklir .

 

      Asafari menambahkan, AS menyadari Iran memainkan peran utama dalam upaya membuat Timur Tengah sebagai  zona bebas  senjata nuklir dan akan mengejar tujuan di forum internasional sampai perdamaian dunia tercapai.

 

     Tes yang dikenal sebagai Pollux itu, dilakukan bersama oleh Situs Keamanan Nasional Nevada, Laboratorium Nasional Los Alamos, dan Laboratorium Nasional Sandia pada 5 Desember dengan tujuan memberikan “informasi penting untuk menjaga keamanan dan efektivitas dari senjata nuklir negara itu. “

 

       Percobaan itu merupakan uji coba subkritis nuklir yang meneliti perilaku plutonium ketika dikejutkan oleh kekuatan yang dihasilkan dari bahan peledak tinggi kimia.

 

      Menurut PBB, Amerika Serikat yang merupakan satu-satunya negara yang pernah menggunakan senjata nuklir terhadap manusia, telah melakukan 1.032 uji coba nuklir sejak tahun 1945 (T/R-010/R-006).

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply