PEMBANGUNAN TAHAP KEDUA RSI GAZA CAPAI 65 PERSEN

RSI      Jakarta,  14 Shafar 1434/ 27 Desember 2012 (MINA)- Pembangunan tahap kedua Rumah Sakit Indonesia (RSI) di Gaza sudah mencapai 65 persen dan ditargetkan untuk  diresmikan Desember 2013, kata Ketua Presidium MER-C dr. Jose Rizal Jurnalis kepada Miraj News Agency (MINA) di Jakarta, Rabu (26/12).

    “ Insyallah tahapan kedua pembangunan RS Indonesia di Gaza sudah mencapai 65 persen  dan direncanakan selesai serta diresmikan akhir 2013. Kami juga berencana akan berangkat lagi ke Gaza pada april 2013 untuk melakukan pengawasan dan evaluasi langsung karena pekerjaan rumah sakit  memerlukan ketelitian,” ujar Jose Rizal.

     Pembangunan tahap kedua Rumah Sakit Indonesia di Gaza resmi dimulai 24 Nopember 2012. Menurut Jose Rizal pembangunan tahap kedua ini dikerjakan secara langsung oleh 28 relawan Indonesia untuk  melanjutkan pembangunan tahap pertama yang selesai Mei 2012.

   “Saat ini dinding RSI sudah mencapai 100 persen, 65 persen tahap kedua itu meliputi pemasangan instalasi air, gas, listrik dan sarana pendukung lainnya,” ujar dokter yang sudah malang melintang terjun melakukan pertolongan medis di berbagai bencana di dunia.

     Jose Rizal menambahkan awal 2013 tim teknis MER-C akan melakukan evaluasi tahap kedua untuk memperisapkan pemberangkatan ke Gaza April 2013 untuk melakukan pengawasan dengan tahapan yang lebih baik lagi.       

Rizal     “Pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Gaza merupakan sarana persatuan  antara Indonesia dan Gaza dalam mendukung perjuangan Palestina,” ujar Jose Rizal.

       Berkenaan dengan tenaga medis yang akan mengisi RSI Gaza, Jose Rizal mengungkapkan “tenaga medis akan diserahkan kepada pemerintah dan rakyat Gaza. RSI merupakan bukti solidaritas dan bantuan dari rakyat Indonesia untuk rakyat Gaza.”

       Selanjutnya Jose Rizal mengharapkan doa dan dukungan materi agar Rumah Sakit Indonesia di Gaza tersebut bisa selesai tepat waktu dan aman dari gangguan penjajah Zionis Israel.

       Sementara itu kordinator teknis pembangunan RSI Gaza Nur Ikhwan Abadi mengungkapkan bahwa pembanguanan RS Indonesia sangat berguna dan ditunggu rakyat Gaza Palestina.

     “Rakyat Gaza sangat berterima kasih kepada rakyat indonesia yang telah menyumbangakan bantuan untuk mereka terutama pembangunan Rumah Sakit Indonesia,” tutur Nur Ikhwan

     “Kami mengkatakan kepda rakyat Gaza bahwa apa yang kami lakukan hanyalah sebuah kewajiban. Rakyat Gaza mengucapan terima kasih kepada Indonesia dan mereka membalas memuliakan seluruh relawan dengan mengundang ke rumah mereka dan mengajak berkumpul serta makan bersama keluarga mereka di Gaza,” ungkap insinyur teknik sipil Universitas Lampung tersebut. (R-016/R-006)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Leave a Reply