PEMERINTAH TURKI LUNCURKAN KAMPANYE BANTUAN UNTUK PENGUNGSI SURIAH

     Jakarta, 16 Shafar 1434/29 Desember 2012 (Turkishpress/MINA) – Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan menyerukan dukungan bagi kampanye “mengulurkan tangan” untuk membantu para pengungsi Suriah untuk menunjukkan solidaritasan yang kuat, demikian disampaikan oleh Turkishpress yang dikutip Miraj News Agency (MINA), Jum’at.

     “Kami percaya bahwa orang-orang Turki, media nasional dan berita lokal kami, organisasi masyarakat sipil, lembaga pejabat, perkumpulan dan serikat dagang akan membuat kontribusi dalam kampanye,” kata Erdogan. 
      Departemen Bencana Turki dan Direktorat Manajemen Darurat (AFAD) mengatakan sebelumnya, Rabu, bahwa ada 147.107 warga Suriah yang saat ini tinggal di     Turki setelah melarikan diri dari bentrokan di negara mereka.
      AFAD mengatakan mereka telah mendirikan lima kamp pengungsian di Hatay, tiga di Gaziantep, dua di Sanliurfa dan masing-masing di Osmaniye, Kahramanmaras dan Adiyaman serta satu kamp kontainer di Kilis.
      Selain itu menurut AFAD bahwa warga Suriah yang berlindung di Turkidiperlakukan dengan baik. Mereka diberikan penginapan, makanan, pelayanan kesehatan, keamanan, kegiatan sosial, pendidikan, ibadah, layanan penerjemah dan komunikasi. Juga disediakan makan tiga kali sehari.
      Sejauh ini menurut AFAD warga Suriah telah melarikan diri ke Turki total 206.954 . Tetapi 59.847 dari mereka kembali lagi ke Suriah. (T/R-011/R-008).

 

Miraj News Agency (MINA)

Leave a Reply