PENGADILAN ALEXANDRIA MESIR AKTIFKAN KEMBALI POLISI BERJENGGOT

      Alexandria, Mesir, 18 Shafar 1434/31 Desember 2012 (EI/MINA) – Pengadilan Administrasi Alexandria, Mesir, Ahad (30/12) memutuskan bahwa Pemerintah harus mengaktifkan kembali petugas polisi yang diskors gara-gara mereka berjenggot.
      Egypt Independent melaporkan dalam situsnya, bulan Maret lalu Menteri Dalam Negeri Mesir Mohamed Ibrahimmenurunkan pangkat 17 petugas polisi berjenggot, karena dianggap melanggar aturan kementerian tentang penampilan petugas kepolisian. Puluhan polisi lainnya juga telah diskors karena alasan sama. Kemudian para petugas kepolisian itu mengajukan gugatan atas keputusan kementerian.

Pengadilan Administrasi Mesir di Alexandria, Beheira dan Tanta, semua mengesampingkan keputusan Kementerian Dalam Negeri itu. Sedangkan Pengadilan Administrasi Kairo justru mengukuhkan sanksi disiplin tersebut pada bulan Juli.
     Namun, meskipun Pengadilan Alexandria telah menolak dan meminta pemerintah dapat mengaktifkan kembali petugas kepolisian yang berjenggot itu. Mahkamah Agung Administrasi masih akan mempertimbangkannya.
     “Petugas polisi berjenggot tidak membahayakan bagi kepolisian dan tidak ada kaitanya dengan efisiensi kedinasan,” kata Pengadilan Alexandria. 
     Pengadilan menegaskan hak petugas polisi untuk kembali ke dinasnya, dan tidak dapat djadikan alasan untuk dipensiunkan atau diberhentikan dari tugas kedinasan.
     Pengadilan juga memerintahkan kementerian untuk membayar denda sebesar 800 Pound Mesir atau sekitar 1,2 juta rupiah. (T/R-011/R-005).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply