PENINGKATAN STATUS DI PBB LANGKAH LANJUTAN MENUJU KEMERDEKAAN PALESTINA

      Gaza, 18 Muharram 1434/ 1 Desember 2012 (MINA) – “Tercapainya tujuan Palestina dalam meningkatkan status di PBB bisa menjadi modal melanjutkan perjuangan Palestina dalam menggapai kemerdekaan di masa mendatang,” kata Ketua Komisi I DPR RI, Mahfudz Shidiq dalam kunjungannya ke Gaza, Palestina, Jum’at (30/11).

      Mahfudz juga mengungkapkan, hal ini agar jangan menjadikan perpecahan yang ada di internal Palestina menjadi lebih besar.

       Mahfudz mengungkapkan hal itu terkait masih alotnya rekonsiliasi internal Palestina antara Hamas dan Fatah. Selama ini, perpecahan itu juga cukup berperan dalam melemahkan Palestina.

 

      Rombongan DPR bersama tujuh lembaga bantuan kemanusiaan dari Indonesia menyerahkan bantuan dana untuk Palestina dari rakyat Indonesia senilai sekitar 1 juta dolar atau sekitar 9,6 miliar rupiah.

 

        Dalam kesempatan terpisah, Ahmad Zahar, Ketua Parlemen Palestina, mengatakan kepada Korespoden Mi’raj News Agency (MINA) saat ditemui di Kantor Parlemen, mendukung usaha Mahmud Abbas ke PBB dengan catatan Abbas harus mengajukan Palestina sebagai negara utuh.

      “Saya mendukung usaha Abbas tapi Palestina harus berdiri sebagai satu negara utuh,  bukan hanya 20 persen atau 80 persen dari tanah Palestina, “ Kata Zahar.

       Selain itu, Zahar juga menuntut agar Israel mengembalikan hak-hak pengungsi Palestina yang terlantar dan terdzolimi.

       Sementara itu, Dr. Abdul Halim bin Abdul Hamid, ulama’ pemerhati Palestina asal Malaysia, mengatakan usaha Abbas ini tak akan banyak bermanfaat buat Palestina, dan menyatakan ini sebagai perangkap Zionis untuk Palestina.

      “Untuk apa Palestina mengusulkan diri ke PBB, Palestina bisa berdaulat tanpa PBB, kalau Palestina masuk sebagai negara di PBB, maka PBB akan lebih mudah mengontrol setiap jengkal langkah Palestina, ini akan lebih mempersulit Palestina sendiri” kata Halim.

        Palestina bisa saja merdeka dengan sendirinya seperti Afrika Selatan yang mampu merdeka dari rezim apartheid tanpa dukungan PBB.

         Namun yang pasti, banyak negara menginginkan Palestina merdeka dan terlepas dari pendudukan Israel selama beberapa dekade, hal ini tampak dari kemenangan telak Palestina pada Sidang Majelis Umum PBB dengan 138 suara mendukung berbanding sembilan suara yang menolak dari sebanyak 193 negara yang hadir di dalamnya.(R-007/R-025/R-006).

Leave a Reply