PESAWAT DRONE AMERIKA BUNUH KOMANDAN AL-QAEDA

        Waziristan (Pakistan), 26 Muharram 1434/9 Desember 2012 (Ahram/MINA) –  Seorang komandan senior Al Qaeda terbunuh di rumahnya oleh serangan sebuah pesawat tanpa awak , drone, milik Amerika Serikat  di Pakistan. Komandan tersebut merupakan korban kedua dalam tiga hari terakhir serangan oleh pesawat drone.

         Sumber intelijen mengatakan pesawat drone tersebut membunuh komandan di barat laut Pakistan pada hari Minggu (9/12), korban merupakan pemimpin militan kedua yang dibunuh oleh drone dalam serangan tiga hari terakhir.

      Korban bernama Mohammad Ahmed Almansoor dan tiga teman lainnya tewas di sebuah desa dekat Miranshah, pusat kota dekat Waziristan Utara, dekat perbatasan Afghanistan.

        Drone menembakkan rudal ke sebuah rumah dimana Almansoor berada di dalamnya, menghancurkan dua kamar dan mobil. Empat pesawat terlihat terbang di atas wilayah tersebut selama serangan, kata warga dan pejabat pemerintah.

        Serangan serupa pada Kamis di utara Waziristan membunuh pemimpin senior Al Qaeda lainnya, Abu Zaid, yang menggantikan Abu Yahya Al-Libi sebagai salah satu figur dari kelompok Islam militan yang paling berpengaruh, ujar sumber intelijen. Sebuah pesawat drone juga telah membunuh Libi pada Juni lalu.

        Serangan pesawat tanpa awak telah merusak jaringan Al Qaeda di perbatasan Pakistan dan Afghanistan, dan hal tersebut menuai kritik tajam dari kedua negara tersebut.  

        Al Qaeda terus menerus melemah di Afghanistan dan Pakistan sejak terbunuhnya Osama bin Laden oleh pasukan khusus Amerika pada Mei 2011. (T/R-009/R-006)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply