Presiden Mesir Kunjungi Amerika Serikat Tahun Depan

       Kairo, 27 Muharram 1434/ 11 Desember 2012 (Ma’an/MINA) – Presiden Mesir Muhammed Mursi akan mengunjungi Amerika Serikat tahun 2013 dan akan merupakan kunjungan pertama pemimpin Islam Mesir itu ke Washington sejak ia terpilih pada bulan Juni, kata juru bicara kepresidenan, Senin.

      Juru bicara, Yasser Ali mengatakan belum ada tanggal yang tepat ditetapkan untuk kunjungan itu.

      Amerika Serikat memberikan Mesir sekitar 1,3 miliar dolar per tahun dalam bentuk bantuan militer untuk memperkuat perjanjian perdamaian Kairo yang ditengahi AS yang ditandatangani Mesir dan Israel pada tahun 1979.

       Mantan Presiden Hosni Mubarak, sekutu dekat AS mempertahankan perjanjian tersebut selama 30 tahun sampai ia digulingkan dalam pemberontakan rakyat bulan Februari 2011.

        Mursi mengatakan ia akan menghormati perjanjian Mesir dengan Israel, meskipun beberapa tokoh Ikhwanul Muslimin yang memilih dia menjadi presiden, menginginkan perjanjian dengan Israel itu ditinjau kembali.

       Kelompok Islam pendukung Mursi terkunci dalam konflik dengan kalangan oposisi atas konstitusi baru yang akan diputuskan melalui referendum hari Sabtu. (T/R-012/R-006)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply