MASSA PENDUKUNG MURSI BERSIAP MENUJU KAIRO

2012-12-01 | 21:55:42

     Kairo, 18 Muharram 1434/1 Desember 2012 (Egypt Independent/MINA) – Puluhan bus yang membawa ribuan pendukung Presiden Mursi dari daerah-daerah Delta, Sabtu berkumpul di kota Qalyub di Propinsi Qalubiya untuk bersama-sama mendatangi Universitas Kairo guna berpartisipasi dalam demo mendukung Mursi.
     Sejumlah bus diparkir di masjid-masjid Jalan Pertanian di pintu masuk ke Kairo, menyebabkan kemacetan lalu lintas, sementara sejumlah besar pendukung Mursi turun dari bus menuju masjid sambil menunggu bus dan kendaraan-kendaraan lainnya, demikian laporan surat khabar mingguan Egypt Independent, Sabtu.
    Pada saat yang sama, Amr Said Shaher, juru bicara resmi gerakan (perlawanan} Moqawma, mengatakan, lebih dari delapan gerakan dan partai politik, termasuk Sosialis Revolusioner, Kefaya, Gerakan Pemuda Enam April, Partai Konstitusi, Partai Demokrat Sosial Mesir, dan Partai Aliansi Rakyat yang akan berpawai dari Universitas Kairo ke Tahrir Square dibatalkan dalam aksi protes atas Deklarasi Konstitusi.
    Menurut Shaher, pawai tersebut awalnya dijadwalkan meninggalkan universitas pada jam 2 siang, tapi dibatalkan karena menghindari bentrokan antara pengunjuk rasa dan massa pendukung Mursi.
     Ratusan pendukung Mursi sebelumnya tiba di depan Patung Renaissance di Giza, sebelah Universitas Kairo untuk berdemonstrasi.
     Partai-partai Islam dan kekuatan politik lainnya adalah pihak yang mengatur perkumpulan pendukung Mursi yang mereka namai sebagai “legitimasi dan Syariah.” Para pendukung Mursi membawa berbagai spanduk yang tulisannya mendukung keputusan Presiden Mesir itu.
     Puluhan bus yang membawa anggota Ikhwanul Muslimin dari pemerintahan cabang lainnya tiba di universitas itu. Para pendukung Mursi memegang tulisan-tulisan mengekspresikan dukungan mereka terhadap keputusan Presiden, termasuk “Ikhwanul Muslimin mendukung keputusan Presiden,” “Warga Beni Suef dukung Presiden Morsi”, dan “Warga Fayoum dukung Presiden”.
     Para pendukung Mursi juga meneriakkan negara Islam, “[negara] Islam melawan [dukungan] ketidakadilan dan tirani,” dan “Allah Maha Besar, masyarakat dukung keputusan Presiden.”
     Pendukung Mursi membangun sebuah panggung di depan gerbang utama Universitas Kairo, sementara kelompok muda yang bertindak sebagai petugas keamanan dan mengenakan rompi menyala menyebar di sekitar tepi kumpulan orang untuk melindungi para pendukung Mursi dan memperlancar arus lalu lintas.
     Demo pro-Mursi itu awalnya akan diselenggarakan di Tahrir Square yang merupakan pusat demonstrasi anti-Mursi sejak Jumat, tetapi menurut Ikhwanul Muslimin pihaknya membatalkan hal itu demi menghindari bentrokan.
     Sementara itu, Departemen Pertanian memutuskan pada Sabtu siang untuk menutup Kebun Binatang Giza, gerbang utama yang terletak di depan Patung Renaissance, karena maraknya demonstrasi.
     Sumber-sumber resmi di Otoritas Umum Pelayanan Hewan mengatakan, 13 kendaraan Keamanan Pusat dan sebuah truk pemadam kebakaran diminta untuk melindungi hewan dan pohon-pohonan dari setiap upaya yang bias merusakkan kebun binatang. Kebun binatang akan membuka pintu untuk pengunjung lagi hari Minggu.(T/R-10/R-002)

Leave a Reply