RI-Afganistan Tingkatkan Kerjasama Pendidikan

      Kabul, 5 Shafar 1434/18 Desember 2012 (MINA) – Dubes RI untuk Afghanistan Mayjen TNI (Purn) Anshory Tadjudin dengan Wapres I Afghanistan Mohammad Qasim Fahim di Kabul membicarakan akan terus meningkatkan kerjasama pendidikan Indonesia dan Afganistan.

      Pertemuan itu merupakan bagian dari kunjungan kehormatan Dubes Anshory kepada Wakil Presiden I Afghanistan, H.E. Mohammad Qasim Fahim dan pejabat pemerintahan terkait di Afghanistan, demikian menurut laporan kemenlu RI  yang diterima Mi’raj News Agency (MINA) Selasa.

      Dalam pertemuan itu, Wapres Fahim mengharapkan Indonesia dapat lebih meningkatkan bantuan peningkatan kapasistas, terutama melalui pemberian beasiswa di bidang teknik, iptek dan kedokteran.

       Wapres Fahim mengatakan Pemerintah Afghanistan telah menyiapkan dana untuk mengirim 1500 mahasiswa guna melanjutkan pendidikan di luar negeri, termasuk ke Indonesia. 

       Kepada Wapres Fahim, Anshory mengatakan selama ini pemerintah Indonesia selalu menawarkan beasiswa kepada Afghanistan melalui program Darmasiswa dan Beasiswa Kemitraan Negara Berkembang.

     “Pada tahun-tahun mendatang diharapkan jumlah beasiswa bagi Afghanistan akan semakin meningkat, baik untuk program Sarjana, Master, Doktor, maupun Vocational Training,” kata Anshory.

      Di samping membahas pendidikan, pertemuan tersebut juga menyinggung upaya peningkatan hubungan ekonomi dan perdagangan kedua negara.

       Keduanya berkeyakinan hubungan bilateral Indonesia-Afghanistan akan semakin meningkat di masa mendatang. Terlebih kedua negara mempunyai banyak kesamaan dari segi agama dan budaya. (T/R-010/R-006)

Mi ’raj NewsAgency (MINA)

Leave a Reply