Rois Syuriah PBNU: Ulama Harus Jadi Teladan Ummat

PBNU       Brebes, 3 Shafar 1434/16 Desember 2012, (MINA) – Rois Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Mutofa Bisri mengajak para ulama untuk bisa menjadi teladan bagi ummat. Keteladanan merupakan kunci sukses dalam melaksanakan dakwah.

      “Para ulama harus menjadi teladan bagi ummat, ajaklah manusia kepada jalan kebenaran juga dengan keteladanan,” katanya saat berceramah pada pengajian akbar dalam rangka Khotmil Quran di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hikmah 1 Benda, Kecamatan Sirampog, Brebes, Jawa Tengah, Ahad malam.

        Menurutnya, para ulama atau pemimpin agama jangan sampai kehilangan ruhud dakwah. Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasalam dalam melaksanakan dakwah dengan menunjukkan keteladanan.

       “Ketika Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasalam mengajak orang untuk melaksanakan shalat, beliau mengatakan, shalatlah kamu seperti kamu melihat aku sholat. Jadi memerintah dengan menunjukkan keteladanan dan kasih sayang, itulah ruhud dakwah,” kata kyai yang akrab dengan sebutan Gus Mus ini.

        Selain keteladanan, Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasalam sangant santun dan penuh kasih sayang dalam mengajak orang lain untuk mengikuti agama Islam.

         Ketika Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasalam mengajak penduduk Toif untuk memeluk Islam, disambut dengan lemparan batu. Nabi tidak marah apalagi sampai melaknat penduduk Toif, justru didoakan karena mereka kaum yang tidak mengerti dan diharapkan keturunannya bisa mendapatkan petunjuk.

       “Itulah ajaran Nabi kita dalam berdakwah, jadi jangan main sikat tapi laksanakan ajakan kepada kebenaran itu dengan kasih sayang dan keteladanan,” kata Gus Mus yang juga dikenal sebagai sastrawan dan budayawan ini.

        Pengajian akbar di Ponpes Al Hikmah 1 Benda dihadiri oleh ribuan ummat muslim dari sekitar Brebes. Nampak dihadiri pula, Bupati Brebes, Hj Idza Priyanti dan Kapolres Brebes, AKBP Kif Aminanto.

(T/B-001/R-006)

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply