RUSIA SOROTI UPAYA PERDAMAIAN IRAN DI SURIAH UNTUK MEDIATOR INTERNASIONAL

 

 

 

       Moskow, 17 Shafar 1434/30 Desember 2012 (IRNA/MINA) – Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada Sabtu menyoroti upaya perdamaian Iran di Suriah untuk mediator internasional, demikian Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan.

     Berbicara setelah pertemuan dengan perdamaian PBB utusan Liga Arab Lakhdar Brahimi, Lavrov mengatakan di sana masih ada kesempatan untuk penyelesaian masalah Suriah melalui dialog politik.
      Dia mengatakan kondisi di Suriah masih tegang dan bentrokan sedang meningkat sehingga yang menjadi korban adalah warga sipil. Enam poin rencana perdamaian Iran telah menyerukan proses demokrasi di Suriah setelah gencatan senjata yang ditengahi oleh PBB dan pemerintah bentuk rekonsiliasi nasional untuk mengadakan pemilihan umum Senat yang bebas dan adil.
     Senat telah dipertimbangkan untuk menyusun sebuah konstitusi baru untuk membuka jalan bagi transisi kekuasaan setelah pemilihan presiden yang dijadwalkan untuk 2014 mendatang.
     Aksi Anggota kelompok termasuk masing-masing Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Liga Arab, Ban Ki-moon dan Nabil Elaraby, para menteri luar negeri dari lima anggota tetap Dewan Keamanan – China, Perancis, Rusia, Inggris dan Amerika Serikat – serta Menteri Luar Negeri Turki, Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan dan Menteri Luar Negeri Irak, presiden KTT dari Liga Arab, Kuwait, presiden Dewan Menteri Luar Negeri Liga Arab dan Qatar, presiden Komite menindaklanjuti Suriah dari Liga Arab. (T/R-012/R-008).

 

Miraj News Agency (MINA)

 

 

 

Leave a Reply