SEKJEN LIGA ARAB AKAN KUNJUNGI PALESTINA

   Bethlehem 9 Shafar 1434 / 22 Desember 2012 (Ma’an/MINA) – Menteri Luar Negeri Palestina, Riyad Al-Malki pada Jum’at (21/12) mengatakan, Sekretaris Jenderal Liga Arab Nabil el-Arabi dijadwalkan akan mengunjungi Palestina pada 29 Desember 2012 untuk bertemu Presiden Mahmoud Abbas.

 

      Nabil akan membahas jaring pengaman keuangan yang dijanjikan Liga Arab guna meringankan krisis keuangan pemerintah Palestina.

 

      Liga Arab sebelumnya telah memberikan uang yang dijanjikan tersebut dengan memerintahkan beberapa bank untuk meminjamkan 100 juta dollar AS kepada pemerintah Palestina guna membayar gaji para pejabat publik untuk bulan November.

     

      Pemerintah Palestina memastikan akan membayar pinjaman tersebut setelah uang dari negara-negara Arab telah diterima.

 

      Riyad mengatakan kedua pimpinan tersebut juga akan membahas langkah lanjutan Palestina setelah berhasil mendapatkan status baru sebagai negara peninjau non-anggota di PBB, sebuah langkah yang membuat Israel menahan pajak pendapatan Palestina yang memperburuk krisis fiskal negeri para nabi tersebut.

 

     Nabil dan Abbas juga akan membahas tindak lanjut keputusan Liga Arab untuk mengirimkan delegasi tingkat menteri guna berkonsultasi dengan Dewan Keamanan PBB untuk mengakhiri perluasan pemukiman Israel dan membebaskan tahanan Palestina yang ditahan di penjara Israel.

 

    Dalam kunjungan satu hari tersebut, Nabil akan disertai menteri-menteri luar negeri negara-negara Arab.

 

     Palestina mengalami krisis keuangan paska peningkatan status Palestina di PBB yang membuat Israel gusar dan memutuskan menahan uang pajak yang seharusnya diterima Palestina.

 

    Serangan delapan hari pada bulan November lalu turut memperburuk krisis karena Palestina membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk memperbaiki Gaza yang dibombardir oleh Israel dalam serangan bersandi Pillar of Cloud.(T/R-007/R-014/R-008/R-006).

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Leave a Reply