SEKJEN PBB: PALESTINA LAYAK JADI ANGGOTA SELURUH LEMBAGA PBB

     Jerusalem, 9 Shafar 1434/22 Desember 2012 (IRIB/MINA) – Menyusul peningkatan status Palestina di PBB dari badan peninjau menjadi negara peninjau non anggota, Sekjen PBB mengatakan bahwa negara itu layak untuk menjadi anggota seluruh badan dan lembaga yang berada di bawah PBB, termasuk Pengadilan Kejahatan Internasional (ICC).

 

     Akan tetapi, katanya, menjadi anggota lembaga-lembaga itu, termasuk ICC dengan maksud untuk menuntut rezim penjajah Israel, harus diputuskan bersama oleh rakyat Palestina.

       Hal tersebut dikatakan Ban Ki Moon pada konferensi press terakhir di penghujung tahun 2012. Pada saat yang sama, ia juga menganggap penjajahan Israel terhadap bangsa Palestina adalah pelanggaran tegas atas aturan internasional, demikian dilaporkan Qodsna (21/12).

 

      Ia menambahkan, “Penolakan Israel untuk menghentikan aktifitas perluasan pembangunan pemukimannya, berarti menginjak-injak seluruh aturan internasional, dan menghambat proses perdamaian. Kami telah berulangkali melakukan kontak dengan petinggi di Tel Aviv meminta mereka untuk segera menghentikan proyek perluasan pemukimannya itu.” (T/R-008/R-006).

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply