SENATOR AS YANG ANTI-IRAN DAN PRO-ISRAEL JOE LIEBERMAN MUNDUR

       Washington, 13 Shafar 1434/26 Desember 2012 (PressTV/MINA)  – Senator AS Joe Lieberman yang pandangannya dikenal kuat anti Iran dan sangat bersemangat mendukung Israel, akhirnya meninggalkan kantornya setelah 24 tahun didudukinya, Press TV melaporkan Selasa.

 

       Senator berusia 70 tahun itu telah  mengumumkan pengunduran dirinya sejak Januari 2011 bahwa ia “tidak mencalonkan diri lagi dalam pemilihan untuk masa jabatan kelima di Senat AS pada tahun 2012.”

        Lieberman terpilih sebagai Senat Connecticut mulai tahun 1970 di mana ia menjabat selama sepuluh tahun. Dia juga menjabat sebagai Jaksa Agung Connecticut 1983-1988.

 

        Setelah mendapatkan popularitas bagi konsumen dan advokasi lingkungan, Lieberman maju untuk memenangkan pemilu pertamannya ke Senat AS tahun 1988. Kemudian dia memenangkan kursi Senat itu dua kali lagi tahun 1994 dan 2000.

 

       Sebagai seorang Yahudi Ortodoks pertama yang duduk di Senat, Lieberman adalah calon Wakil Presiden dari kubu Demokrat mendampingi Al Gore dan merupakan orang Yahudi pertama yang mendapat tiket nasional Amerika.

 

       Tahun 2008, Lieberman mendukung calon Partai Republik John McCain dalam Pemilu Presiden Amerika Serikat, sebuah langkah yang membuat marah para anggota Partai Demokrat.

 

       Dalam pidatonya pada sesi kedua konvensi Partai Republik tahun 2008, Lieberman membandingkan Senator Demokrat Barack Obama dengan John McCain dengan mengatakan bahwa di Senat Obama tidak mencapai pengaruh lintas partai untuk mendapatkan hasil yang signifikan dari apa yang dia lakukan.

 

      Lieberman juga salah satu pendukung paling kuat dan terbuka saat pemerintahan Bush melakukan kebijakan perang di Irak.

 

       Dia bahkan mendukung gagasan peluncuran serangan militer terhadap Iran dan menuduh Teheran mendukung anti-AS di Irak dan pasukan penyerang tentara Amerika yang ditempatkan di negara Arab.

 

       “Saya pikir kita harus siap mengambil tindakan militer terhadap agresi Iran untuk menghentikan mereka dari membunuh orang Amerika di Irak,” kata Lieberman dalam sebuah wawancara dengan Bob Schieffer dari CBS tahun 2009.

       Senator AS ini juga mengkritik kebijakan pemerintahan Obama terhadap program energi nuklir Iran. Dia mengatakan AS harus memimpin sebuah koalisi global untuk menyerang Iran.

       Pada bulan September 2012, Lieberman menuduh Iran melancarkan serangan cyber terhadap bank-bank AS sebagai bentuk “pembalasan atas sanksi ekonomi AS terhadap negara itu.” .” (T/R-011/R-006)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply