SERANGAN DRONE AS MENINGKAT TIGA KALI LIPAT DI YAMAN TAHUN 2012

      Jakarta, 15 Shafar 1434/28 Desember 2012 (Presstv/MINA) – Sebuah laporan baru dari sebuah think tank di Washington menunjukkan bahwa jumlah serangan udara pesawat tanpa awak (drone) Amerika Serikat (AS) di Yaman meningkat hampir tiga kali lipat ditahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya, Press TV melaporkan Kamis dalam situsnya yang dikutip MINA.

 

      New America Foundation, sebuah organisasi nirlaba di Amerika, lembaga kebijakan publik nonpartisan, menunjukkan bahwa jumlah serangan drone AS meningkat menjadi 53 pada 2012 dibandingka pada 2011 yang hanya 18 serangan. AS telah berulang kali meluncurkan serangan drone di Yaman yang membunuh banyak warga sipil tak berdosa selama beberapa tahun terakhir.
      Washington mengklaim bahwa serangan udara tersebut menargetkan militan, namun sumber lokal mengatakan warga sipil telah menjadi korban utama dari serangan udara yang tidak mendapat sanksi dari PBB itu.
      Rakyat Yaman telah mengadakan demonstrasi berkali-kali untuk mengutuk pelanggaran AS atas kedaulatan negara mereka. Laporan tersebut juga menyebutkan AS melakukan penurunan operasi drone di Pakistan, 46 serangan telah dilakukan pada 2012 dibandingkan dengan 72 serangan pada 2011 dan 122 serangan pada 2010. (R-011/R-008).

 

Leave a Reply