Ta`awun Prinsip Utama Asuransi Syariah

Ta'wun        Jakarta, 7 Shafar 1434 H /20 Desember 2012 (MINA) – Ta`awun (kerjasama dalam kebaikan) merupakan prinsip utama asuransi syariah yang membedakannya dengan asuransi konvensional, kata Agus Haryadi, pimpinan Takaful Mikro Indonesia.

 

      “Niat utama seseorang bergabung dengan  asuransi syariah adalah keinginan untuk menolong orang lain, sehingga dana yang disertakan akan sangat bermanfaat  bagi masyarakat,” kata Agus Haryadi dalam acara Roadshow Seminar Islamic Insurance Community dengan tema: “Asuransi Syariah Melindungi Usaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)”  di Kampus Universitas Negri Jakarta, Rabu (19/12).

       “Dengan memasuki asurasi syariah, kita akan mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat. Oleh karena itu sudah saatnya umat Islam beralih dari asuransi konvensional yang ribawi ke asuransi syariah,” ungkap Agus, Chairman Takaful Mikro Indonesia itu.

 

        Sementara itu Bendahara Masyarakat Ekonomi Syariah Iskandar Zulkarnaen mengungkapkan bahwa ekonomi syariah saat ini sudah menjadi trend di pasar ekonomi dunia.

 

        Menurutnya di mana pun ada ekonomi syariah baik itu di Negara Negara Islam maupun di Negara Negara Barat mampu memberikan kesejahteraan, keamanan dan regulasi yang positif bagi semua orang.

 

       “Masyarakat Ekonomi Syariah akan terus mendorong tumbuhnya regulasi positif perekonomian nasional dan global termasuk berkembangnya asuransi syariah. Dari lingkungan kampus diharapkan akan tumbuh pelopor-pelopor pelaksana ekonomi syariah,” ujar Zulkarnaen.

         Sementara itu Manager Oprational Allianz Syariah  Edi Yoga menuturkan bahwa sudah saatnya usaha-usaha mikro, kecil dan menengah yang luput dari binaan dan perhatian pemerintah untuk mendapatkan jaminan asuransi syariah.

 

        Edi berpendapat bahwa dengan bergabungnya pelaku ekonomi kecil menengah ke asuransi syariah akan terjamin secara sosial dan bisnis.

 

       “Kami berkomitmen untuk tumbuh dan sukses bersama nasabah berdasarkan prinsip syariah. Kami bekerjasama dengan mitra kami yang merupakan pihak ketiga meliputi koperasi, BMT, dan lembaga keuangan syariah di tinggkat masyarakat paling rendah. Kami ingin menolong dan mensejahterakan mereka golongan usaha kecil, karena mereka nyaris tidak tersentuh oleh bantuan pemerintah,” ujar Yoga.  (T/R-016/R-006)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply