TALIBAN: SEMBILAN TENTARA AMERIKA TEWAS DI AFGHANISTAN TIMUR

       Jakarta, 25 Muharram 1434/9 Desember 2012 (MINA) – Para pejuang Taliban mengklaim mereka telah menewaskan sembilan tentara sekutu Barat pimpinan Amerika Serikat (AS) dan melukai sejumlah lainnya dalam serangan di Afghanistan Timur, demikian menurut laporan Press TV yang diterima Mi’raj News Agency (MINA) di sini, Minggu.

 

      Juru Bicara Taliban Sabtu mengatakan bahwa serangan bom menghantam konvoi militer sekutu Barat pimpinan AS dekat bandara di Afghanistan Timur kota Khost.

 

      Kelompok mujahidin Talibat mengaku bertanggung jawab atas serangan itu dengan mengatakan mereka telah menewaskan sembilan tentara. Namun para pejabat pemerintah belum mengkonfirmasi jumlah korban yang tewas itu.

 

      Sumber Taliban mengatakan ambulan milik pasukan asing telah  membawa pergi para korban.

 

      Meningkatnya jumlah korban militer di Afghanistan menyebabkan meluasnya kemarahan di Amerika dan negara-negara anggota NATO yang kian mengurangi dukungan publik terhadap perang Afghanistan.

 

       Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh harian The New York Times pada 6 Desember, Departemen Pertahanan AS memverifikasi bahwa lebih dari 2.100 prajurit Amerika telah tewas di Afghanistan sejak 2001.

 

       Perang yang pimpinan AS di Afghanistan itu telah melengserkan Taliban dari tampuk kekuasaan di Negeri Mullah itu. Meskipun demikian, ketidakamanan terus meningkat di seluruh Afghanistan, meskipun telah ditempatkan sekitar 130.000 pasukan sekutu Barat pimpinan AS. (T/R-011/R-006)

Leave a Reply