UIG Berikan Beasiswa Untuk Pelajar Indonesia

           Jakarta,  19 Muharram 1434/ 3 Desember 2012, (MINA) – Universitas Islam Gaza (The Islamic University Gaza-UIG), dalam rangka meningkatkan kerjasama Indonesia dan Palestina,  memberikan beasiswa kuliah bagi pelajar Indonesia.

             Hal tersebut disampaikan Rektor UIG Syekh Prof. Dr. Kamilain Kamal Syuaib dalam surat resmi yang ditujukan kepada Mudir Ma’had Al-Fatah Indonesia yang diterima salinanannya oleh Mi’raj News Agency (MINA), Sabtu (1/12).

          “Program ini merupakan kelanjutan kerjasama antara UIG dan Ma’had Al-Fatah Indonesia yang sudah berlangsung beberapa tahun terakhir,” ungkap Kamilain.

            Selanjutnya Rektor UIG menunjuk Syekh Hany Awad, salah satu dosen UIG untuk memfasilitasi pelaksanaan teknis kerjasama UIG dan Al-Fatah tersebut.

           Syekh Hany Awad menuturkan kepada koresponden MINA di Gaza bahwa kerjasama ini bagian dari ucapan terima kasih rakyat Palestina atas solidaritas rakyat Indonesia.

          “Untuk tahap awal dibatasi hanya dua pelajar Indonesia yang akan diberikan beasiswa kuliah di UIG tahun ini,” tutur Hany Awad.

 

        Menurut Hany, tim UIG sudah dua kali melakukan kunjungan ke Indonesia dalam rangka melaksanakan Daurah (pelatihan) dan Tabligh pada 2010 dan Juli-Agustus 2012.

        Dari data yang diperoleh reporter MINA dari Ma’had Al-Fatah dan Aqsa Working Group (AWG), pada 2010 perwakilan UIG yang berkunjung ke Indonesia adalah Syekh Hany Award, sedangkan dalam kunjungan Juli-Agustus 2012 diwakili oleh Syekh Dr. Mahmoud Anbar dan Syekh Hany Award.

      Mudir ‘Am Ma’had Al-Fatah, KH. Drs. Yakhsyallah Mansur, M.A. yang ditemui reporter MINA , Ahad (2/12) menuturkan bahwa kerjasama ini terselenggara dalam rangka pembebasan Masjidil Aqsa  dan Palestina.

      “Diharapkan mahasiswa Indonesia yang kuliah di UIG nanti bisa menghayati bagaimana perjuangan rakyat Palestina yang sebenarnya dan menjadi mujahid dalam membebaskan Masjid Al-Aqsa,” ungkap Yakhsyallah Mansur yang sudah dua kali mengunjungi Palestina.

          Guna meningkatkan kualitas pendidikannya, Ma’had Al-Fatah pernah menjalin kerjasama dengan beberapa Universitas dari luar negeri diantaranya : International University of Africa Sudan, University of The Holy Quran and Islamic Science Sudan, The Islamic University of Gaza, dan Universitas Al-Iman Yaman.

          Menurut Yakhsyallah, UIG  merupakan universitas terbaik di Gaza,  sehingga menjadi pilihan dalam program kerjasama antara Palestina dan Ma’had Al-Fatah. Bagi mereka yang berminat mengikuti program beasiswa ini dipersilakan untuk menghubungi Ma’had Al-Fatah Cileungsi, Bogor. (T/R-16/R-006)

Leave a Reply